Warga Nagari Lintau Buo Goro Buat ARDS Untuk Tangkal Covid-19

628

JURNAL SUMBAR | Batusangkar- Bermula dari kecemasan dan keprihatinan masyarakat serta perantau nagari Buo, kecamatan Lintau Buo tentang eksistensi perkembangan Covid 19 ( Corona virus dease)- 19 yang terus meningkat di nagari Buo dewasa ini.

Sekaligus ditopang lagi para perantau nagari Buo di beberapa daerah di Indonesia melalui Medsos ( Media sosial) berupa What Apps ( WA), Twitter, Instagram, face book ( FB) dan lain-lain, maka tercetus ide dari tokoh perantau dan masyarakat kampung halaman untuk melawan Penularan Covid di nagari Buo.

Opini itu pun disatukan dan disetujui bersama Melawan Covid 19 dengan melakukan Goro ( Gotong royong) membuat Air Rebusan Daun Sungkai (ARDS) yang dipercaya bisa menangkal, mengobati penderita Covid sekaligus meningkatkan Imun tubuh.

ARDS, sebut Sang Inisiator Yulkusmayanto S.Si Kotik yang juga Balon Wali nagari Buo, dari pengakuan beberapa warga yang terpapar Covid mengakui khasiat ARDS walaupun belum ada uji klinis. Tetapi yang pasti nenek moyang kita di kampung secara turun temurun menggunakan rebusan daun Sungkai untuk meningkatkan Imun tubuh dan mengobati berbagai penyakit.

Untuk merealisaaikan ide yang sudah terserak di tengah masayarakat itu, maka hari Jumat (6/8) diadakan lah kegiatan pembuatan ARDS secara goro yang diprakarsai LPM( Lembaga pemberdayaan masyarakat) nagari Buo dengan menggandeng Bundo kanduang nagari Buo diwakili ibuk Refni yetti S.Pi dan langsung bergerak cepat mengumpulkan daun sungkai yang banyak tumbuh sekitar nagari Buo untuk direbus dan hari itu juga ARDS yang telah dibungkus perkantong plastik didistribusikan keseluruh warga nagari Buo.

Para kaum bapak usai shalat Jumat, ucap Yulkusumayanto kepada awak media juga disuguhi air rebusan daun sungkai.Mereka cukup gembira menerima satu bungkus plastik air rebusan daun sungkai yang dipercaya sebagai Tonik dan peningkat imun tubuh bagi peminumnya.

Mengingat khasiat dan manfaat ARDS untuk mengobati dan meningkatkan imun tubuh menangkal serangan Covid, tekan Yulkusumayanto S.Si Kotik, maka aktivitas pemberian ARDS kepada masyarakat akan kita laksanakan secara berkesinambungan, setiap hari Jumat.

Kita manfaatkan Jumat Berkah, ujar, Ketua LPM nagari Buo Yulkusumayanto dengan harapan, Jumat berkah dan ARDS bisa memutus dan mengantisipasi penyebaran Covid yang terus meningkat di nagari Buo yang saat ini warga nagari Buo telah terpapar Covid berjumlah 10 orang.

In Sha Allah, Selasa(10/8), tutur Yulkusamayanto, gerakan pendistribusian ARDS kepada masyarakat kita laksanakan kembali.Seterusnya kita implementasikan setiap hari Jumat dengan icon ‘ Jumat Berkah ARDS Penangkal Cobid- 19 ‘,”.

Adanya aktivitas Sebungkus ARDS untuk warga nagari Buo penangkal Covid mendapat respon positif dari pemuka masyarakat, perantau, Camat Lintau Buo Drs.Agusril, dan ibuk PJ wali nagari Buo Yuliasnita S.Ap.

Aktivitas yang dilakukan LPM nagari Buo dengan Inisiator Ketua Yulkusmayanto S.Si Kotik, pemuka masyarakat tersebut mengucapkan terima kasih tidak terhingga untuk kemaslahatan ummat dan nagari – habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here