Optimalkan Kompetensi Pedagogik, Peningkatan Kapasitas Profesional Guru IPA SMP di Batusangkar Dipacu

140

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi para guru IPA SMP di Batusangkar, telah dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat FMIPA UNP. Dipimpin Dr. Ratnawulan, MSi (Ketua) Dr. Ahmad Fauzi, MSi dan Dr. Yuni Ahda, M.Si sebagai anggota telah mengetahui efektivitas bimbingan teknis penyusunan LKPD IPA Terpadu, terintegrasi pembelajaran abad 21 pada guru-guru IPA di SMP Kota Batusangkar.

Untuk diketahui, Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) FMIPA UNP itu telah dilaksanakan pembukaannya pada 7 September 2021 lalu via zoom oleh Yuni Ahda selaku Wakil Dekan II FMIPA.

Menurut Yuni Ahda, kegiatan yang dilakukan oleh tim PKM itu akan dapat menjembatani hasil-hasil karya dosen di perguruan tinggi berupa penelitian dan pengembangan bahan ajar dengan permasalahan guru di lapangan sehingga kolaborasi antara guru dan dosen bisa dilakukan secara berkelanjutan

“Selain mengetahui efektivitas bimbingan teknis penyusunan LKPD IPA Terpadu, terintegrasi pembelajaran abad 21 pada guru-guru IPA di SMP, tujuan tim PKM FMIPA kali ii juga dapat mengungkap peta kompetensi profesional guru mata pelajaran IPA terpadu di di SMP dan mengungkap peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru,” kata Yuni Ahda didampingi Ahmad Fauzi kepada media ini, Sabtu (14/11/2021).

Pada prosesnya, 14 orang yang mewakili seluruh SMP/MTSn di kota Batusangkar mengikuti Tahap Persiapan, Tahap Orientasi dan Diskusi serta Tahap Pendampingan dan pendalaman materia yang diakhiri dengan tanya jawab. Sedangkan untuk strategi penyusunan LKPD terintegrasi pada pembelajaran abad 21 disampaikan Ahmad Fauzi.

Salah satu mata pelajaran dalam pendidikan yang berperan penting dalam membentuk keterampilan peserta didik adalah IPA, melalui optimalisasi kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki oleh guru IPA di sekolah.

“Kita harapan guru IPA SMP di Batusangka yang belum terampil dalam mengembangkan LKPD IPA Terpadu tematik setelah dapat pengalaman melalui Tim PKM FMIPA sudah bisa mencapai keterpaduan antara fisika, kimia, dan biologi,” harap Ahmad Fauzi mengakhiri.agusmardi