Tingkatkan Kompetensi TIK Guru, PGRI Kota Padang Gelar Workshop

158

JURNAL SUMBAR | Padang – Di HUT kè-76 dan Hari Guru Nasional 2021, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Padang, menggelar workshop penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna mendukung terciptanya model pembelajaran yang inovativ sesuai dengan tuntutan abad 21 dan revolusi industri 4.0

Workshop yang digelar di Aula Gedung B STKIP PGRI Sumbar oleh PGRI Kota Padang dihadiri sekitar 150-an orang peserta dari berbagai kalangan guru yang ada di Kota Padang dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang berkualitas.

Tujuan diadakannya kegiatan ini guna menghadapi dinamika perubahan lingkungan pendidikan di era digital, dengan tema yang diusung tahun ini yaitu “Bangkit Guruku Maju Bangsaku Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” dibuka secara resmi oleh Waliko Kota diwakili Sekretaris Diskominfo Padang Titin Masfetrin, SPd, MSi.

Ketua PGRI Kota Padang, Drs Sornelis mengajak peserta meningkatkan kompetensi TIK Guru pada pembelajaran dimasa pandemi. “Mari kita berpartisipasi dan memeriahkan program Pembelajaran TIK, menuju Indonesia Maju. Mari terus berinovasi dan berkolaborasi untuk menjadi pendidik dengan semangat pembelajaran sepanjang hayat,” dikatakan Sornelis saat memberikan sambutan pemembukaan workshop, pada Rabu (3/11).

Kompetensi TIK, menurut Ketua PGRI Kota Padang itu merupakan jawaban untuk tantangan global masa depan yang akan dihadapi para guru di Kota Padang dengan mencetak calon-calon pemimpin masa depan. “Guru yang memiliki kemauan untuk memaksimalkan potensi diri dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran merupakan salah satu kriteria yang terpenting guru yang akan menjadi garda terdepan memajukan pendidikan di Kota Padang khususnya dan Indonesia umumnya,” ungkap Sornerlis.

Melalui workshop TIK, lanjut Ketua PGRI Kota Padang ini, guru-guru dapat mensinergikan digitalisasi, apalagi dimasa pandemi Covid-19 membuktikan betapa besarnya peran teknologi dalam memastikan para peserta didik tetap mendapatkan pendidikan pembelajaran saat pembelajaran tatap muka tidak mungkin dilakukan.

Sementara itu Ketua PGRI Provinsi Sumatera Barat, Drs Darmalis, MPd menyampaikan pentingnya peningkatan literasi digital sehingga fasilitas dan infrastruktur teknologi yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal dan strategis.

“Oleh karena itu kami dari Pengurus PGRI Sumbar dengan berkoordinasi dengan PGRI Kabupaten dan Kota Seluruh Sumbar terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru-guru tentang pemanfaatan teknologi dengan menyelenggarakan peningkatan kompetensi TIK,” ungkap Darmalis.

Senada dengan itu Ketua STKIP PGRI Sumbar yang diwakili Sri Imelwaty, PHd berharap peningkatan kompetensi TIK dapat mengakselerasi inovasi teknologi pembelajaran yang lebih efektif untuk diestafetkan kepada guru-guru agar kualitasnya semakin baik yang berdampak pada peningkatan mutu dan daya saing peserta didik.

Pada kesempatan itu, turut hadir dan memberikan sambutan Kadis Pendidikan kota Padang yang diwakili Mairul Chandra, MPd, Badan Pelaksana Harian STKIP PGRI Sumbar, Dr Dasrizal MP dan Kakanmenag Kota Padang Edy Oktafiandi.agusmardi