Sah, RSKIA HARYANDA Teken MoU dengan BPJS dan Siap Layani Pasien BPJS Mandiri dan Non Mandiri

1101

JURNAL SUMBAR | Sijunjung -Setelah melalui proses panjang, akhirnya Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) HARYANDA yang beralamat di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Tanah Badantung, Sijunjung, Sumatera Barat, resmi jalin kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) itu dilaksanakan di kantor BPJS Kesehatan Sumbar di Kota Solok pada Rabu (15/12/2021).

Kesepakatan kerjasama itu, pihak manajemen RSKIA Haryanda diwakili Direktur RSKIA Haryanda, dr.Nesha Pratiwi didampingi, Misriwati (Kabid Manajemen). Sedangkan dari pihak BPJS ditandatangani Kepala Cabang BPJS Solok, Asfurina, SKM, AAAK.

“Dengan telah dilaksanakannya Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Antara BPJS Kesehatan Cabang Solok dengan RSKIA Haryanda Tahun 2021 itu, maka terhitung 1 Januari 2022, RSKIA Haryanda sudah bisa melayani pasien BPJS Mandiri maupun Non Mandiri,”kata Owner RSKIA Haryanda, dr.Hari Suryana, Sp.OG didampingi Humas RSKIA Haryanda, Saptarius.

Hal serupa juga dibenarkan Direktur RSKIA Haryanda, dr.Nesha Pratiwi. “Alhamdulillah, kita telah melakukan PKS/Mou dengan BPJS dan MoU teraebut juga disaksikan Kabid Manajemen RSKIA Haryanda Misriwati,”ucap dr.Nesha Pratiwi kepada Jurnalsumbar.Com, Kamis (16/12/2021).

Mewakili Owner, Humas RSKIA Haryanda, Saptarius, menyampaikan terimakasih kepada BPJS atas PKS/MoU yang disepakati. “In sha Alloh, RSKIA Haryanda akan selalu meberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien dan masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan di RSKIA Haryanda,”ucap Pemimpin Redaksi Jurnalsumbar.Com itu bangga atas kinerja yang dicapai seluruh manajemen RSKIA Haryanda.

“Nah, bagi warga yang memiliki kartu BPJS Mandiri dan BPJS Non Mandiri, terhitung 1 Januari 2022 mendatang sudah bisa berobat ke RSKIA Haryanda.

Bahkan kini, RSKIA Haryanda terus melakukan inovasi pelayanan terbaik, mulai dari area hingga pasilitas lainnya sudah dibenahi. Sejumlah kamar rawat inap dan lainnya pun sudah lengkap sesuai standar yang diberikan BPJS.

“In sha Alloh pelayanan kami tak akan mengecewan, jika pelayanan kurang baik sampaikan kepada kami, jika pelayanan kami memuaskan sampaikanlah pada sanak saudaranya, bahwa RSKIA Haryanda layani BPJS dengan pelayanan prima,”sambung anggota Tim Independen IPP (Inovasi Pelayanan Publik) Kabupaten Sijunjung itu menambahkan.


Sebelumnya, sejumlah warga di Kabupaten Sijunjung, maupun diluar kabupaten sangat merespon positif kabar gembira tersebut.

“Waah.., Ini luar biasa dan inilah yang kami tunggu,” kata Nola salahseorang pemilik kartu BPJS di Kota Sawahlunto, Senin (13/12/2021).

“Sejak dulu kami ingin berobat di RSKIA Haryanda, namun saat itu belum ada melayani kartu BPJS. Syukurlah, pada 1 Januari 2022 mendatang RSKIA Haryanda akan melayani pemilik kartu BPJS,”tambah Nola lagi.

Tak hanya Nola, warga di Kabupaten Sijunjung juga merasa senang mendengar kabar adanya pelayanan BPJS di RSKIA Haryanda. “Alhamdallah, di RSKIA Haryanda sudah menerima pelayanan BPJS. Ini yang kami tunggu-tunggu,”ucap Atik kepada Jurnalsumbar.Com, Senin, (12/12/2021).

Hal serupa juga disampaikan warga Dharmasraya. Bahkan ibu rumah tangga itu juga mengakui pelayanan yang diberikan RSKIA Haryanda sangat memuaskan. “Sejak anak pertama saya melahirkan disini(RSKIA Haryanda-red), syukurlah jika sudah ada pelayanan BPJS,”ucap ibu dari dua anak itu, saat berkonsultasi ke RSKIA Haryanda belum lama ini.

“In sha Alloh, terhitung sejak 1 Januari 2022 mendatang, RSKIA Haryanda Sijunjung sudah bisa melayani, persalinan, pengobatan anak dan lain-lain, (Pelayanan Ibu dan Anak) untuk peserta BPJS mandiri dan non iuran(PBI/KIS),”kata dr.Hari Suryana,Sp.OG owner RSKIA Haryanda didampingi Humas RSKIA Haryanda, Saptarius, Senin (13/12/2021).

“Kami akan selalu memberikan pelayan prima dan pelayanan terbaik bagi pasien maupun keluarga pasien. Jika pelayanan kami memuaskan dan baik, maka sampaikan pada teman atau saudara anda. Namun jika terdapat kekurangan sampaikanlah pada kami. In sha Alloh kami akan selalu berbenah dan memberikan yang terbaik,”tambah Humas RSKIA Haryanda itu

Sebelum itu, RSKIA Haryanda, milik dr.Hari Suryana, Sp.OG
telah melakukan  Kredensialing (Uji Kelayakan).

Kredensialing merupakan suatu kegiatan dari BPJS Kesehatan untuk melakukan kualifikasi Fasyankes dengan peninjauan dan penyimpanan data-data Fasyankes berkaitan dengan pelayanan profesinya yang mencakup lisensi, riwayat malpraktek, analisa pola praktek dan sertifikasi; serta proses evaluasi untuk menyetujui atau menolak Fasyankes apakah dapat diikat dalam kerjasama dengan BPJS kesehatan yang penilaiannya didasarkan pada aspek administrasi dan teknis pelayanan.

Pertemuan dengan pihak BPJS tersebut langsung dihadiri owner RSKIA Haryanda, dr.Hari Suryana, Sp.OG dan kalangan manejemen dan karyawan juga hadir kala itu.

Kredensialing juga dilakukan untuk mengetahui kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama dengan BPJS sehingga peserta dapat dilayani dan tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai.

“Pada hakikatnya, kredensialing adalah suatu proses penilaian atas fasilitas kesehatan standar yang ditentukan BPJS. Karena BPJS adalah suatu lembaga publik yang harus transparan, maka proses kredensialing  harus dilakukan oleh suatu tim penilai yang mampu memberikan informasi transparan, akurat, dan bertanggungjawab,” kata Saptarius Humas RSKIA Haryanda mewakili manajemen RSKIA Haryanda kepada Jurnalsumbar.Com kala itu.

dr.Hari Sueyana, Sp.OG, Owner RSKIA Haryanda

Pelaksanaan Kredensialing pihak BPJS berharap agar setiap tim yang terlibat baik dari pihak BPJS kesehatan ataupun pihak RSKIA dalam pelaksanaan peninjauan/ auditnya bisa saling bekerjasama agar mempermudahkan proses kredensialing tersebut.

Pihak RSKIA Haryanda juga berharap, dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pelayanan kesehatan sehingga dapat memberikan kemudahan aksesabilitas bagi masyarakat peserta program BPJS Kesehatan untuk pelayanan, penanganan, dan perawatan yang optimal.

“Alhamdallah, dan in sha Alloh, terhitung 1 Januaroli 2022, sesuai yang disampaikan awner, RSKIA Haryanda akan melayani pasien BPJS Mandiri dan BPJS Non Mandiri dan MoUnya sudah sah ditandatangani antara RSKIA Haryanda dan BPJS,”tambah Saptarius lagi selaku Humas RSKIA Haryanda. boy/del/*

.