Bupati Eka Lantik 22 PPTP Tanah Datar, Yusrizal Dipercaya Jadi Kadis Kominfo

970

JURNALSUMBAR| Batusangkar – Bupati Tanah Datar Eka Putra melantik 22  orang PPTP (Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama) dan Pejabat Administrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di aula kantor Bupati Tanah Datar di Pagaruyung, Senin(28/4).

PPTP yang dilantik adalah Hendri Agung Indrianto sebelumnya menjabat Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menjadi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Kemudian Afrizon sebelumnya Sekretaris Dinas Sosial menjadi Kepala Dinas (Kadis) Sosial. Selanjutnya Yusrizal sebelumnya menjabat Sekretaris Kominfo menjadi Kadis Kominfo, serta Hendra Setiawan sebelumnya Camat Lima Kaum menjadi Kadis Koperindag.

Usai pelantikan, Bupati Eka Putra menyampaikan beberapa pesan penting kepada Kadis baru, tugas – tugas  lumayan berat sedang menunggu Kadis Parpora diminta memeriksa persiapan destinasi wisata di bawah pengelolaan Pemerintah Daerah agar siap menyambut para wisatawan bakal berkunjung ke Tanah Datar.

Kenyamanan dan keamanan para wisatawan juga menjadi perhatian khusus, tegas Bupati Eka.Dan kepada pedagang  makanan dihimbau menampilkan tarif kuliner , menghindari tumpukan sampah, toilet bersih dan harum, tukang parkir harus  memakai atribut serta pelayanan dengan sapa dan senyum ramah kepada setiap pengunjung.

Dinas Pariwisata memiliki Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Even diminta mengawal pelaksanakan, dan itu  pertama kali bakal  dilaksanakan Nagari Andaleh Baruah Bukik Kecamatan Sungayang tanggal 4 sampai 10 Mei 2022 mendatang.

Ditambahkan Eka, lakukan inovasi sehingga Progul ke depannya benar-benar mendatangkan Multifplier effect, baik dari sisi ekonomi, wisata, ekonomi kreatif, pelestarian alam lingkungan sekaligus menjadi ajang kreativitas anak nagari.

Sedangkan kepada Kadis Koperindag, Bupati berpesan menjelang lebaran pastikan kenyamanan dan ketertiban di pasar-pasar dengan melakukan langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dengan koordinasi bersama instansi dan pihak terkait.

Di Dinas Koperindag juga masih ada Progul yang masih belum berjalan sebagai mana mestinya, yaitu, Penciptaan Lapangan Pekerjaan dan Wirausahawan baru. Untuk mendukung pelaksanaan Progul itu, telah  disediakan dananya dan pastikan regulasinya, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis secepatnya disiapkan guna direalisasikan.

Bupati Eka juga mwngingatkan, semua aset Pemerintah Daerah dibawah tanggungjawab Koperindag maupun OPD lain harus dikelola dengan baik dengan mendata seluruh aset, kelola dengan baik sehingga bisa menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Daerah)  walaupun kecil, nantinya tentu  bisa berrmanfaat sebagai sumber pendapatan masyarakat.

Terus Kadis Kominfo, tegas Eka, selaku OPD bertugas penyampai informasi Pemerintah Daerah kepada masyarakat, dibutuhkan langkah nyata untuk  penyebaran informasi terutama dalam menyambut libur Hari Raya lebaran .

Untuk itu, Bupati mengharapkan Kominfo memanfaatkan potensi dan sumber daya pada dinas Kominfo untuk menyebarkan informasi kepada perantau yang pulang kampung dan wisatawan berkunjung dengan memanfaatkan Website, Media Sosial, Tanah Datar TV dan media lainnya.

Kadis Sosial, ujar bupati Eka , diharapkan agar lebih peka dalam mendengar dan melihat permasalahan sosial di tengah masyarakat Tanah Datar. Begitu juga berbagai program meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dinas Sosial, dan diharapkan Kadis lebih peka menanggapi permasalahan sosial yang ada.

Di penghujung arahannya, Bupati  mengucapkan  selamat kepada semua  pejabat yang dilantik, dan dirharapkan segera menggali potensi yang ada untuk meningkatkan PAD Tanah Datar.

Ditekannya, tantangan ke depan semakin berat, terutama dalam menangani tuntutan dan harapan masyarakat yang semakin komplek, ditambah lagi  Pandemi Covid-19 masih ada di Luhak Nan Tuo.

Disaming itu dilantik pula 17 orang pejabat lain yang ditempatkan di bebagai OPD di lingkungan pemda tanadatar yang dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Staf Ahli, para Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua TP PKK Tanah Datar, Ketua GOW Tanah Datar, Camat, dan undangan – habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here