Didampingi Bupati dan Wabup Sijunjung, Wagub Sumbar Sambangi Masjid Jihad Kototuo Lubuktarok

127

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Usai berbuka bersama di rumah dinas Wakil Bupati (Wabup) Sijunjung, Wagub Sumbar Audy Joinaldy beserta rombongan, pada Minggu (10/4/2022) sambangi Masjid Jihad, Jorong Kototuo, Nagari Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung.

Kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi Sumbar yang diketuai Wagub Sumbar, Audy Joinaldy itu didampingi Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dan Wabup Iraddatillah serta unsur Forkopimda, kepala OPD Prov. Sumbar dan Kepala OPD Kabupaten, Camat Lubuktarok, Forkopincam, Walinagari Lubuktarok, dan Tokoh Masyarakat itu lakukan sholat tarwih bersama.

Wagub berharap supaya pemerintah daerah setempat bisa berkolaborasi dan bersinergi dalam menghadapi berbagai tantangan dalam pemulihan ekonomi.

“Kalau dilihat Sijunjung dengan pertambangannya sudah mulai melekat dan baik. Apalagi kalau bisa dikaloborasi dengan pertanian, peternakan, perikanan air tawarnya dan perkebunan tentu hal ini akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wagub Audy.

Apalagi menurut Wagub pada tahun ini Pemkab Sijunjung ada kerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) dalam mendirikan Fakultas Agrobisnis. Tentu ini akan memberi pengaruh besar untuk perkembangan dunia pertanian di Sumatera Barat, tambah Wagub.

Menjawab apa yang disampaikan Wagub, Pemkab Sijunjung menurut Bupati Benny Dwifa memang telah melakukan kerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) untuk mendirikan Fakultas Agrobisnis.

Tujuan UNP hadir di Sijunjung ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian. Karena program studi yang akan dibuka adalah agrobisnis selain pendidikan guru dan anak usaha dini (PGPAUD).

Lahirnya program tersebut karena Kabupaten Sijunjung telah memperoleh prestasi cemerlang dan dinobatkan sebagai Kabupaten PAUD secara Nasional. Karena itu Bupati berharap warga Lubuktarok dapat menyebarluaskan informasi ini agar anak-anak kita melanjutkan ke perguruan tinggi di daerah sendiri.

“Selama ini anak-anak kita kan melanjutkan ke perguruan tinggi di Padang dan daerah tetangga. Alhamdulilah sekarang tidak lagi,” kata Bupati

Ia juga berharap kehadiran Wagub dan program-program yang telah diberikan ke Kabupaten Sijunjung bisa menjadi pendongkrak di sektor pertanian sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

Di bagian lain Bupati Benny juga mengatakan anak yang sekolah di SMA dan SMP pembayaran kewajiban sekolahnya setiap bulan sudah dibebaskan. Hal itu karena karena sudah dibayar dengan dana anggaran APBD.

“Inshaa Allah, kita tidak alan mendengar lagi ada anak putus sekolah di Kabupaten Sijunjung akibat tidak punya biaya sekolah. Sebalinya bagi anak yang mempunyai prestasi dalam dunia pendidikan juga akan dibantu melalui Baznas,” ungkap Bupati.

Wali Nagari Lubuktarok, Zuriatman yang begitu berkobar-kobar semangatnya menyampaikan sejumlah kendala dan permasalahan di nagarinya selama ini. Di antaranya akses jalan kisaran kelok tujuh sangat beresiko sekali karena telah rusak berat dan bergelombang.

“Kami berharap dengan kedatangan Bapak Wakil Gubernur dan Bapak Bupati serta Wakil Bupati berbagai masalah pembangunan di Nagari Lubuktarok, bisa segera teratasi,” ujarnya.

Zuriatman juga berharap kepada Wagub untuk bisa hadir kembali dengan kegiatan yang lain. Karena Lubuktarok menurutnya banyak menggelar kegiatan-kegiatan besar seperti berkaul adat dan lain-lain.

Sedang potensi yang dikembangkan Lubuktarok saat ini yaitu madu galo-galo yang pernah mendapatkan bantuan budidaya madu pada 2021. Perkembangannya sampai sekarang cukup baik, bahkan telah merambah hampir ke seluruh pulau Sumatera dan Jawa.

Pada kesempatan itu Wagub menyalurkan bantuan dana hibah Sumatera Barat untuk Masjid Jihad Kototuo sebesar Rp50.000.000, yang diserahkan Wagub secara simbolis kepada Ketua Masjid Jihad, Yuswardi Bagindo Bosa.

Sedang Bupati dan Wakil Bupati pada saat bersamaan juga memberikan bantuan 10 Alqur’an dan 10 buah kain sarung yang diterima ketua Masjid Jihad Kototuo, Lubuktarok.

Sedangkan Walinagari Zuriatman juga memberikan oleh-oleh madu galo-galo kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy serta untuk Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dan Iraddatillah. wen/*