Pasar Pabukoan Syariah Muamalah di Santur Sawahlunto Diminati Warga

159

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Pasar dagangan pabukoan atau takjir di pelataran parkir Mini Market Ayah Bunda Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto diminati pembeli. Pasar pabukoan syariah Muamalah itu menjual aneka masakan dan minuman segar seharga Rp3.000 per porsinya.

Owner pabukoan syariah Muamalah H Indra Purnama menyatakan pasar pabukoan ini konsepnya syariah dimana semua makanan dan minuman yang dijual setengah harga atau separuh dari harga biasa.

Ada enam pedagang yang berjualan dipasar ini mereka berasal dari Air Dingin, Sapan, Kolok, Pasar Sawahlunto dan Santur yang biasa berjualan makanan dan minuman,” kata Indra Kamis (7/4/2022).

Lebih jauh Indra menuturkan harga jual rata-rata minuman dan makanan yang biasanya dijual seharga Rp5.000 sampai Rp6.000 per porsi kini dijual seharga Rp3.000 per porsi.

“Karena pedagang menaruh separuh harga nanti setengah harga kekurangannya diambil dari donasi yang dikumpulkan dari pengunjung pasar pabukoan ini seiklasnya menyumbang,” sebut Indra.

Alhamdullillah, ucapnya sudah hari kelima pasar pabukoan ini digelar belum ada dari keenam pedagang yang menyatakan rugi bahkan mereka banyak laku.

Salah seorang pedagang pabukoan Azfir Yanti (42) yang biasanya berjualan minuman segar di pasar kota Sawahlunto merasa senang bisa ikut berjualan di pasar pabukoan syariah Muamalah itu.

Perempuan beranak empat beralamat di Air Dingin Kecamatan Lembah segar itu sibuk meladeni pembeli dagangan minuman segarnya.

“Alhamdulillah bulan penuh berkah ini, kalau hari biasa penjualan sebanyak 30 sampai 40 persi, namun pada pasar pabukoan Ramadhan ini bisa terjual rata – rata 60 porsi,“ sebutnya. simamora