Sumbar Tuan Rumah Munas Gebu Minang Ke-7, Fadly Amran: Momentum Penguatan Hubungan Ranah dan Rantau

224

JURNAL SUMBAR | Padang – Setelah penandatangan kerjasama antara Gebu Minang dengan PT POS Indonesia yang dihadiri Gebernur Sumbar, Mahyeldi, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gebu Minang Sumatera Barat juga akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Gebu Minang Ke-7. Event yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 hingga 28 Mei 2022 juga merupakan rangkaian dari kegiatan penguatan hubungan ranah dan rantau.

Sama seperti agenda Munas sebelumnya, untuk Munas Ke7 kali ini untuk membangun sinergisitas DPP dan DPW serta DPD Gebu Minang se Indonesia dalam bentuk perwujudan program dan kegiatan sesuai visi dan misi organisasi urang awak ini.

“Untuk acara Munas Gebu Minang Ke-7 ini, DPW Gebu Minang Sumbar telah disepakati sebagai panitia pelaksananya yang didukung penuh Gubernur Mahyeldi dan Pemprov Sumbar, karena Munas tersebut momentum penguatan ranah dan rantau” jelas Ketua Umum Gebu Minang, Fadly Amran dalam sambutanya mengawali buka bersama dan pra-Munas Gebu Minang di Aula Universitas Baiturahmah, Padang, Sabtu (23/4/2022).

Dalam pra-Munas yang dirangkai dengan buka bersama dan penandatanganan kerjasama Gebu Minang dan PT POS Indonesia tersebut turut hadir Dewan Pituo seperti Suryadi Asmi, Mantan Dirut Bank Nagari, Dewan Pakar antara lain, Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh, mantan Ketua Kadin, Asnawi Bahar dan dewan Pembina DPW Gebu Minang Sumbar dijajaran Forkompimda yakni Kejaksaan Tinggi Negeri dan Kapolda Sumbar serta dihadiri Pengurus DPW serta 11 DPD Gebu Minang Se- Sumatera Barat.

Dalam kegiatan yang difasilitasi Rektor Universitas Baiturahmah, Prof Musliar Kasim tersebut, Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam arahannya menyebut acara Munas Gebu Minang ke-7 tidak saja akan menjadi tanggungjawab DPW Gebu Minang Sumbar, tetapi juga akan menjadi tanggungjawab Pemprov Sumbar karena akan menjadi silaturahmi akbar masyarakat Minang diperantauan.

Oleh sebab itu, Mahyeldi berpesan kepada jajaran DPW Gebu Minang bahwa agar kesuksesan Munas tersebut dipersiapkan dengan baik, karena bagaimanapun peranan tokoh rantau dalam partisipasi pembangunan sangat diharapkan.

“Tentu saja saya meminta jajaran Pemprov Sumbar saling menyokong apa yang dibutuhkan DPW Gebu Minang untuk menyukseskan acara Munas tersebut,” kata Kepala Pemerintahan Provinsi Sumbar itu.

Mahyeldi menegaskan, Munas Ke-7 Gebu Minang harus dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan Sumbar ke depan.agusmardi