Bupai Eka: Pembangunan Luhan Nan Tuo Perlu Dukungan Masyarakat di Ranah dan Rantau

261

JURNALSUMBSR | Batusangkar- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar Shalat Idul Fitri 1443 H perdana setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan Dunia, penyelengaraan itu diikuti antusias masyarakat maupun perantau yang baru pulang ke kampung halaman, Senin (2/5), lapangan Gumarang, Batusangkar.

Pelaksanaan Shalat hari raya idul fitri adalah puncak rangkaian ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadan, dan merupakan pelaksanaan perdana usai pandemi Covid-19, sebut bupati Eka Putra dihadapan ribuan jemaah sholat Idul Fitri 1443 Hijriah yang begitu antusia , Senin(2/5) di lapangan Gumarang kota Batusangkar.

Pada kesempatan itu, bupati tidak lupa mengucapkan selamat datang kepada perantau telah berada di kampung halaman dengan selamat untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Tahun ini kita bersyukur ucap Eka, pemerintah pusat telah mengizinkan mudik, karena angka penyebaran Covid-19 yang semakin menurun. Tentunya ini berkah, kita berdoa semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kita dapat kembali beraktifitas secara norma.

Seterusnya bupati mengharapkan. masyarakat Tanah Datar baik yang di kampung halaman. maupun di rantau mendukung dan mensuport pemda Tanah Datar dalam membangun Luhak Nan Tuo.

Soalnya pemda Tanah Datar sedang berupaya mewujudkan visi-misi kedepan dengan merealisasikan Tanah Datar madani berlandaskan ABS SBK ( Adat Basandi Syarak, Syara Basandi Kitabullah.)

Selanjutnya, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang juga Wakil Bupati Richi Aprian mengatakan pihaknya telah berupaya untuk merangkul seluruh masjid dan musala di sekitar Batusangkar untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 H di lapangan Gumarang Batusangkar.

Syukur alhamdulillah, kata Richi, tahun ini kita bersama bisa berkumpul dan diizinkan Allah untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri di Lapangan Gumarang yang saat dipenuhi para jemaah.

Kemudian Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi menyampaikan Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah dengan melandainya angka COVID-19, karena selama dua tahun umat muslim tidak bisa melaksanakan ibadah Idul Fitri bersama-sama.

Dengan Allah SWT mencabut virus COVID-19 ini, tekan Richi maka tahun selanjutnya kita bisa mengikutinya secara bersama sama. Kami berterima kasih kepada pengurus PHBI Tanah Datar dengan terlaksananya Sholat Idul Fitri di lapangan Gumarang ini.

Sholat Idul fitri cukup semarak itu dihadiri Forkopimda Tanah Datar, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2010 M Shadiq Pasadigoe, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dan Kepala OPD se Tanah Datar dan lain – lain – habede