Dihadiri Wabup Sijunjung, Ratusan Hafizd dan Hafizah Tingkat MI, MTs dan MA Diwisuda

369

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 517 orang yang merupakan hafizd dan hafizah dari madrasah mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) se Kabupaten Sijunjung ikuti wisuda tahfidz di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa 31 Mei 2022.

Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag, Ermizaldi, MA selaku panitia pelaksana menyebutkan bahwa, Wisuda tahfidz al-qur’an ini bertujuan sebagai apresiasi terhadap para siswa yang memiliki semangat dalam menghafal Al – Qur’an sekaligus sebagai motivasi bagi siswa lainnya untuk lebih giat dalam menghafal al-qur’an karena menghafal al-qur’an akan menumbuhkan kecerdasan spiritual, ketenangan jiwa dan kedekatan dengan Allah Swt.

“Peserta wisuda tahfidz ini sebelumnya melaksanakan pawai dengan berjalan kaki dari depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Simpang Logas menuju Gedung Pertemuan Pancasila Muaro,”ujar Ermizaldi.

Peserta yang mengikuti wisuda tahfidz berjumlah 517 orang ini jelas Ermizaldi, dengan kategori hafalan yaitu, hafidz 10 juz sebanyak 1 orang dari MAN 2 Sijunjung atas nama Joenathan Agustino, hafidz 9 juz sebanyak 2 orang dari MAN 1 Sijunjung atas nama Fathya Alfadhillah dan dari MTsN 6 Sijunjung atas nama Ananta Salsa Fitri.

“Sementara Hafidz 7 jus ada 2 orang, Hafidz 6 jus sebanyak 3 orang, hafidz 5 jus 2 orang, hafidz 4 jus 14 orang, hafidz 3 juz sebanyak 33 orang, hafidz 2 juz sebanyak 116 orang, dan hafidz 1 juz sebanyak 344 orang,”tambah Ermizaldi.

Kepala Kantor Kementrian Agama, Drs. H. Syamsul Arifin, M.Mpd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Wakil Bupati Sijunjung atas suport dan dukunga nya sehingga pelaksanaan kegiatan wisuda tahfidz ini dapat berjalan dengan lancar

“Kami atas nama seluruh pegawai di Kementrian Agama Sijunjung, baik di kemenag, para guru madrasah dan penyuluh agama se Kabupaten Sijunjung akan terus memberikan perhatian yang baik dan selalu berkontribusi serta berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam membangun Kabupaten Sijunjung yang kita cintai ini,”ujar Syamsul.

Pada saat ini lanjut Syamsul, kita telah mewisuda siswa Madrasah sebanyak 517 orang, “ini merupakan wisudah tahfidz yang terbanyak rasanya sepanjang 1 dekade yang kita laksanakan di Sijunjung, dan kami bertekat pada tahun 2023 nanti, kita akan mewisuda sebanyak 1.000 orang,”harap Kakan Kemenag Syamsul Arifin.

Sementara itu Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada hafizd dan hafizah yang telah mengikuti wisuda tahfidz tersebut.”Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Agama, serta Kepala Sekolah dan Majlis Guru yang telah aktif dan memberikan pelajaran yang baik sehingga pada saat ini banyak dari siswa kita yang mengikuti wisuda tahfizd ini,”ujarnya.

Wabup Iraddatillah menyampaikan bahwa pelaksanaan wisuda tahfizd pada saat ini bukanlah suatu kebetulan saja, tetapi butuh perjuangan dan kerja keras serta usaha bersama, dengan kerjasama dari semua pihak sehingga akan mudah dan lancar disetiap pelaksanaannya.

Untuk membantu kelancaran Kemenag. Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung nantinya akan memberikan bantuan bagi guru guru tahfizd melalui BPJS Ketenagakerjaan, Pemda juga akan memberikan insentif bagi guru honorer/penyuluh agama, serta akan mensuport kafilah kafilah yang ada dipondok dan madrasah yang kita punya.

“Kita berharap dengan banyaknya setiap tahun lahir para hafizd dan hafizah di Kabupaten Sijunjung ini, nantinya akan menjadikan daerah kita daerah yang beraklak dan beragama . Kita berharap di ajang MTQ nanti kita juga akan menjadi yang terbaik dengan mengandalkan khafilah asli di Daerah kita Kabupaten Sijunjung ini,”harap Wabup Iraddatillah.andri