Rang Pasisie asal Sijunjung Berhalal Bihalal, Ini yang Disampaikan Bupati Benny Dwifa Yuswir

725

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sukses dan lancar. Itulah sekelumit gambaran yang terekam pada acara halal bihalal keluarga besr PKPS (Rang Pasisie) yang ada di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Lengkapnya simak Laporan Edi Suandi, Peminpin Perusahaan Jurnalsumbar. Com, dan Agusmardi Kontributor Jurnalsumbar.Com yang hadir diacara yang sakral pada Akad (15/5/2022) di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung itu.

“Pak Pemred, saya sekarang berada di Muaro Sijunjung, saya lagi bersama Bro Benni (Bupati Sijunjung-red). Acara halal bihalal Rang Pasisie yang ada di Sijunjung,”begitu PP Jurnalsumbar.Com itu menyampaikan pada Pemred Jurnalsumbar.

Edi Suandi PP Jurnalsumbar.Com

“Lanjut aja, saya lagi luar kota,” kata Pemred Jurnalsumbar.Com, Saptarius menjawab whatsapp PP Jurnalsumbar.Com, Edi Suandi.

Dilaporkan Edi Suandi, bahwa halal Bihalal PKPS Kabupaten Sijunjung itu juga dihadiri anggota DPD-RI Dr. H. Alirman Sori, SH, M.Hum, MM, Wakil Ketua Umum DPP PKPS, Doni Harsiva Yandra, S.IP, ME, Ketua DPW PKPS Propinsi Sumbar H. Sengaja Budi Syukur, SH Dt. Bandaro Jambak, Sekretaris DPW PKPS, Drs. Hamdanus Bgd Rajo, Bendahara DPW PKPS Aprizal Cai, Koordinator Dewan Pakar DPW PKPS Drs. Yulizal Yunus, serta Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd bersama Ny. Yunesti Rusma, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan, Madrianto yang merupakan sumando Rang Pessel asal Sijunjung.

Agusmardi, Kontributor Jurnalsumbar.Com

Turut hadir pada kesempatan halal Bihalal PKPS Kabupaten Sijunjung tersebut antara lain, Ketua DPD PKPS Kabupaten Sijunjung AKP (Purn) Adisman, Kepala Kejaksaan Negeri Sijunjung, Efendri Eka Saputra, SH, MH, Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah, SS, M.IP, Kepala Dinas Kesehatan drg. Ezwandra, M.Sc, Kepala Dinas Pertanian Ir. Ronaldi, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat, Adie Warman, SH, dan Ketua TP-PKK Ny. Riri Benny Dwifa.

Sebelum dimulainya acara Halal Bihalal PKPS terlebih dahulu diisi dengan hiburan kesenian Rabab yang menampilkan Siril Asmara dari Air Haji yang telah mengeluarkan album “Doa Mande” diproduksi oleh Sinar Padang Record.

Disebutkan Edi Suardi yang juga Rang Pasisie, krgiatan diawali dengan melantunkan ayat suci Al-Qur’an yang dikumandangkan Muhammad Akbar siswa kelas IX SMPN 1 Sijunjung, yaitu membaca Surat Ali Imran ayat 102-104 dilanjutkan sambutan ketua panitia oleh Mai Andra, S.Ag dilanjutkan sambutan Ketua DPD PKPS Kabupaten Sijunjung yang dipandu oleh MC kenamaan Ina Yanti, SP.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si, menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1443 H sekaligus permohonan maaf lahir bathin dan menyampaikan program unggulan daerah antara lain sektor pertanian termasuk kelapa sawit, pendidikan gratis hingga SMA, MoU dengan UNP dan IPB University yang akan melakukan penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini, Geopark Silokek yang tengah menuju UGGp (UNESCO Global Geopark).

Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd, dalam kesempatan itu mengatakan, Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pesisir Selatan, tercatat 3,37 % melebihi angka pertumbuhan Propinsi Sumbar yang didukung oleh pertanian dan pariwisata”.

Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar

“Tidak ada orang shalat yang membayar di Masjid Terapung Samudera Illahi” lanjut Bupati Pessel. Karena Masjid Terapung Samudera Illahi berada di kawasan objek wisata Carocok, sedangkan pagarnya belum ada, maka dipungutlah retribusi objek wisata,”terang Bupati Pessel kala itu.

Anggota DPD-RI Dr. H. Alirman Sori, SH, M.Hum, MM,dalam sambutannya pada acara halal Bihalal PKPS itu menyampaikan, PKPS Kabupaten Sijunjung adalah yang pertama di Sumbar yang mengadakan halal Bihalal.

Anggota DPD-RI Dr. H. Alirman Sori, SH, M.Hum, MM,

“Mari kita bergotong royong dan berkolaborasi guna mendukung program pembangunan di Kabupaten Sijunjung, Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung,”terang mantan wartawan Harian Singgalang dan mantan Ketua DPRD Pessel itu.

“Dengan semangat otonomi daerah, kita harus saling bersinergi, jangan eksklusif dan jangan sampai membentuk cluster,”tegas anggota DPD-RI Dr. H. Alirman Sori, SH, M.Hum, MM yang juga merupakan mantan Ketua Umum DPP PKPS tersebut.

Ketua Umum PKPS Sumbar, S Budi Syukur

Ketua Umum PKPS Sumbar, S Budi Syukur
takjub dengan kekompakan silaturahmi perantau Pesisir Selatan (Pessel) di Kabupaten Sijunjung.

Sehingga tanpa ragu S Budi Syukur diundang hadir, langsung meluncur ke acara halal bi Halal PKPS Kabupaten Siijunjung apalagi dihadiri langsung Bupati Sijunjung Benny Dwipa Yuswir dan Bupati Pessel Rusma Yul. Anwar serta Senator DPD RI putra Pessel Alirman Sori.

“Ini halal bi halal sangat istimewa selain ghiroh silaturahmi bulan syawal, juga dihadiri dua Bupati dan Pak Alirman Sori, sehingganya ketika diundang kami PKPS Sumbar tak berpikir dua kali karena hadir bersama rang Pessel di sini sangat istemewa terasa silaturahmi itu,” ujar S Budi Syukur, Minggu (15/4/2022).

“Pecah halal bi halal PKPS Sijunjung ya pak Ketua Ajisman, sanang hati ambo maliek rang  pasisie kompak cok iko (senang hati saya melihat orang Pessel kompak begini,” ujar S Budi Syukur yang bergelar adat Dt Bandaro Jambak ini.

Budi Syukur berharap warga PKPS Sijunjung khususnya maupun PKPS se Sumbar  bisa menempatkan diri di mana dia berada.

“Kalau menjadi warga Sijunjung harus mengikuti semua dan patuh dengan semua aturan dan kebijakan di Sijunjung. Kita harus menjadi warga yang baik, mendukung program pemerintah, jadikan bupati sebagai orang tua kita di sini, apalagi bupati Benny  ini juga asal Pesisir Selatan, karena ibu beliau dari Surantih suku Jambak,”ujar Budi Syukur.

“Kami sampaikan harapan, bahwa Pessel kedepan harus pandai-pandai menyikapi fenomena yang terjadi di media sosial, jangan sampai terpengaruh. Bupati Pessel harus tetap komit melaksanakan program pembangunan khusus parawisata, ” ujar Budi Syukur.

“Kita perantau Pessel harus menjadi influencer untuk wisata kampung halaman kita,” ujar Budi Syukur disambut tepuk tangan 300-an perantau yang hadir di halal bi halal tersebut.

“Sebelum cara dimulai kami ditunggu di rumah dinas bupati Sijunjung, setelah itu menuju tempat acara. Kami sangat bangga dengan saudara kita di Sijunjung yang selalu kompak, menjaga silaturahmi,” ujar Budi.

Budi takjub karena PKPS saling berkomunikasi antar sesama, dengan profesi beragam mulai birokrat ada sebagai kepala dinas, guru , polisi bahkan sebagai Kejari Sijunjung.es/ag