Sejak Dunia Takambang Terisolasi, Warga Nagari Langki Butuh Sinyal Telkomsel, Ini Kata Bupati Sijunjung

271

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 640 KK (kepala keluarga) di Nagari Langki, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat, berharap pada pemerintah dan pihak terkait adanya sinyal telkomsel masuk ke daerah itu.

“Kalau indak acok keluar dari Langki yo indak tahu kami informasi do. Begitulah kondisi daerah kami yang terisolasi dari komunikasi,”kata Walinagari Langki, Zulkarnaini Monti Marajo kepada Jurnalsumbar.Com Rabu (4/5/2022).

“Sajak dunia takambang, hingga kini belum tersentuh sinyal. Dan sejak dunia takambang pulo, baru di bulan Ramadhan tahun kini urang di provinsi datang,”ucap Walinagari didampingi beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Ia berharap, Pemkab Sijunjung bisa mencarikan solusinya.

“Sudah lebih dari 76 tahun Republik Indonesia ini Merdeka, namun kami masih juga terisolasi dari komunikasi. Untuk itu kami berharap pada pemerintah untuk bebaskan kami dari keterisolasian komunikasi,”pinta walinagari.

Disebutkanya, untuk berkomunikasi via telepon, warga harus ke Tanjung Gadang yang jaraknya kisaran 28 kilometer. “Begitulah kondisi kami yang butuh sinyal dan agar pemerintah atau pihak terkait lainnya bisa untuk membangun tower di tempat kami,”harap walinagari.

Ketua Forwana Kabupaten Sijunjung, Syahbudin Datuk Sinaro (Datuk Abu)

Hal itu juga dibenarkan Ketua Forum Walinagari se-Kabupaten Sijunjung, Syahbuddin Datuk Sinaro (Datuk Abu-red).

“Memang sudah selayaknya Nagari Langki itu dibangun tower. Pemerintah harus bijak dan tanggap, segeralah bangun tower supaya warga Nagari Langki terbebas dari Isolasi komunikasi,”papar owner Wana Telabang Sakti itu saat jumpa dengan walinagari dan tokoh masyarakat Nagari Langki.

Menanggapi keluhan warga tersebut Pemkab Sijunjung akan segera membahasnya.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si

“Nanti kita bahas, kita memang berharap semua Nagari terjangkau sinyal,”kata Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir.*