Mengenal Lebih Dekat Camat Barangin Sawahlunto, Subandi Merakyat dan Gampang Bergaul

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Siapa yang tak kenal dengan Subandi,SH. Mantan Ketua PWI Sawahlunto yang juga Jurnalis di Harian Singgalang Padang, Sumbar, ini banyak likaliku hidup yang telah dilaluinya.

Bagi warga Kecamatan Barangin, bahkan Kota Sawahlunto Subandi adalah sosok camat yang dikenal merakyat dan gampang bergaul dan tak membeda simiskin maupun si kaya ataupun suku, agama maupun golongan.

Subandi bersama keluarga tercinta

Putra asli Tanjung Lalang Palembang, Sumsel kelahiran 29 Oktober 1966, suami dari Ida Laila (Ketua TP PKK Kecamatan Barangin-red) ini telah banyak menguyah asam garam pahit getirnya sebagai anak rantau yang hidup di ranah rantau Kota Arang Sawahlunto.

Tak percaya? Dengarlah pengakuan bapak dari Alen Salvo Pratamo,ST, Akbar Hendar Krisdiyantoro ini.

Subandi bersama Walikota Deri Asta

“Saya masuk Kota Sawahlunto dari tahun 1990 dan menjabat sebagai Humas di Pemko Sawahlunto era Walikota Rahmatsyah dengan golongan IIA,”kata alumni SMA BW 1 Jakarta yang pernah tinggal di Komplek TNI AD Bulakrantai Jakarta Timur ikut orangtua angkatnya kepada Jurnalsumbar.Com, Senin (28/6/2022).

Selain itu, Bandi, begitu sapaan wartawan Harian Singgalang (1990-sekarang) itu, ia juga mengenyam era kepemimpinan Walikota Subari Sukardi juga sebagai Kasubag Humas di Pemko Sawahlunto.

Subandi bersama Tokoh Masyarakat

Tak hanya itu, anak petani ini juga pernah mendampingi Walikota Amran Noer sebagai Kasubag Humas. Begitu juga diera Walikota Ali Yusuf mantan Ketua PWI Sawahlunto tersebut juga menjabat sebagai Kasubag Humas.

“Ada sekitar 21 tahun saya menjabat sebagai Kasubag Humas. Alhamdulillah sejak era Walikota Deri Asta,SH, saya menjabat sebagai Camat Barangin,”kisah mantan Korda Harian Singgalang Sawahlunto itu.

Epi
Subandi bersama H.Jaswandi,SE Wakil Ketua DPRD Sawahlunto

Menurut Bandi, ia juga pernah menjabat sebagai Kasubag Humas DPRD Sawahlunto (3,5 tahun-red), Kabid Perpustakaan Sekcam Barangin hingga Sekcam Lembah Segar pernah dijabatnya.

Memiliki motto; Kalau tidak membantu, jangan nyakiti orang lain dan Carilah kawan sebanyak banyaknya.

Subandi bersama Kades dan Sekdes Lumindai

“Sebab, seribu kawan terlalu sedikit dan satu lawan terlalu banyak,”kata wartawan senior dari Veteran 17 Padang itu.

Selain aktif sebagi ASN, bandi adalah sosok jurnalis yang dekat dengan semua kalangan. “Teman akrab saya sejak tahun 1990-an adalah Saptarius yang kini sudah menjadi wartawan utama dan menjabat sebagai Pemred Jurnalsumbar. Com, juga teman kami dari Veteran 17, Armadison Cong, Asrul Reders, Syaiful tetap kami bina talisilaturrahmi hinggga kini,”ucap pecandu bulutangkis dan bolakaki yang pernah memperkuat Tim PWI Sumbar dikancah PORWANAS itu.

Ketika Subandi bersama mantan Kapolres Sawahlunto Junaidi Noer

Hebatnya lagi, Bandi kenal dan dekat dengan semua kalangan. Baik itu dengan Tomas, Tokoh Politik, Militer, Polri, pimpinan OPD, maupun dengan kalangan Forkopimda ia gampang membaur.

Subandi bersama mantan Danrem 032 Wbr

Menariknya, meski ia menjadi camat maupun pernah menjabat jabatan lainnya di Pemko, Bandi tak pernah melupakan teman-temanya yang seprofesi di jurnalis. Bahkan saban waktu ia berkumpul bersama rekan-rekan jurnalis di Kota Sawahlunto.

“Jabatan itu amanah, jadi tak perlu disombongkan. Karena suatu saat kita akan kembali bersama rakyat dan teman-teman seprofesi,’kata Bandi yang sangat berkesan dengan keluarga besar Harian Singgalang. Sukses Selalu Broo Camat!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.