Alirman Sori Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pessel

97

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Alirman Sori menggelar sosialisasi empat pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) kepada wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Ruang Operation Room Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (27/7/2022) lalu.

Sosialisasi terselenggara atas kerjasama antara MPR RI dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pesisir Selatan.

Alirman Sori yang juga merupakan anggota MPR RI menyebutkan ada empat pilar MPR RI diantaranya Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

“Empat pilar MPR itu adalah fondasi bangsa, kedudukannya sebagai pemandu di segala bidang dalam berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Ia menjelaskan salah satu tugas MPR adalah memperkuat fondasi bangsa tersebut. Pertama, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Kedua, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Ketiga, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara. Keempat, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Mari kita amalkan empat pilar tersebut di kehidupan sehari-hari untuk keutuhan NKRI,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga mengajak untuk selalu menjaga semangat kebangsaan, membangun solidaritas, serta menguatkan toleransi dan kebhinekaan untuk keselamatan bangsa dan negara.

“Keselamatan bangsa dan negara sangat ditentukan oleh daerah, untuk itu mari kokohkan kekuatan daerah,” ajaknya.

Plt. Ketua PWI Pesisir Selatan M. Joni mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI yang diikuti oleh wartawan media cetak, online, elektronik, radio dan LSM se-Pesisir Selatan.

“Semoga sosialisasi ini dapat mengingatkan serta menambah wawasan dan pengetahuan kita terkait empat pilar MPR RI tersebut,” tuturnya.(Re)