Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Siswa, Walimurid dan Guru Sekolah Alam Talago Akan Lakukan Pawai Obor

249

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Tahun baru Islam 1 Muharram menjadi hal yang istimewa. Tak heran kalau masyarakat di beberapa daerah merayakannya dengan suka cita melalui tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun termasuk di Sumatera Barat.

Momen pergantian tahun dalam kalender Islam ini kerap dijadikan waktu untuk memanjatkan doa sekaligus menggelar berbagai tradisi. Tujuan utama dari gelaran tradisi Tahun Baru Islam 1 Muharram ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur.

SDIT Alam Talago

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H kali ini bertepatan dengan 30 Juli 2022. Bahkan, jika tidak ada aral melintang, rencananya, Sekolah Alam Talago (TK/SD IT) Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, pada Jumat (29/7/2022) malam akan melakukan pawai obor.

Prosesi pawai obor tersebut digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 H. Ratusan peserta pawai akan tumpah disepanjang jalan provinsi simpang Santur menuju halaman SDIT Alam Talago.

Pawai obor itu sendiri direncanakan akan dilepas secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra, S.Ag,MA.

Hal itu dibenarkan Kepala SDIT Alam Talago, Delvia Sepniwati,S.Pd selaku ketua panitia pelaksana kegiatan.

Kepsek SDIT Alam Talago, Sawahlunto, Delvia Sepniwati, S.Pd

“Yaa, insyaAlloh Sekolah Alam Talago (TK-SD IT) dibawah naungan Yayasan Raudhatul Jabal akan melaksanakan pawai obor. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 H,”kata bunda Del gitu sapaan akrab Delvia Sepniwati yang diamini Delvia Aflinda,S.Pd (Kepsek TK Alam Talago) yang juga sekretaris kegiatan menjawab Jurnalsumbar.Com, Jumat (29/7/2022).

Disebutkannya, pawai obor itu nanti stardnya di Simpang Santur dan Finish di halaman SD IT Alam Talago.

“Kalau hari hujan, pelaksanaan kegiatan dialihkan ke gedung UDKP Kecamatan Barangin. Semoga aja tidak hujan. Ini untuk pertama kali pelaksanaan pawai obor Sambut Tahun Baru Islam dilaksanakan. Semoga sukses dan lancar,”tambah Delvia Aflinda.

Kepsek TK Alam Talago, Delvia Aflinda,S.Pd

Rangkaian kegiatan itu nanti, kata Bunda Del, selaian acara Muhasabah, juga ada Tabliq Akbar yang akan disampaikan uztad Yusriman Taufik.

“Sebelum Tabliq Akbar dan Muhasabah juga ada sambutan Walikota/Wakil Walikota. Kegiatan itu akan dilaksanakan usai ba’da isya,”tambah Kepsek SD IT Alam Talago itu.

“Tujuan utama dari gelaran tradisi Tahun Baru Islam 1 Muharram ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur,”tambah istri dari Pemped Jurnalsumbar.Com (Ketua Forum Pelayanan Publik Kabupaten Sijunjung) itu.

Kegiatan pawai obor itu sendiri akan diikuti ratusan peserta, terdiri dari siswa, guru, walimurid dan pihak Yayasan Raudhatul Jabal.

Walikota Sawahlunto Deri Asta

Walikota Sawahlunto, Deri Asta,SH, awalnya berencana untuk hadir. Lantaran ada urusan dinas luar, kegiatan tersebut akan dihadiri Wakil Walikota Zohirin Sayuti.

“Acara itu nanti akan dihadiri pak Wawali,”ucapnya singkat via Whatsappnya, Kamis (28/7/2022) malam.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra, S.Ag,MA, juga membenarkan akan adanya kegiatan pawai obor yang dilaksanakan Sekolah Alam Talago itu.

Kakamenag , H. Dedi Wandra, S.Ag,M

“Ya benar, insya Alloh saya hadir dalam kegiatan itu. Dalam waktu yang sama saya juga ada kegiatan di Silungkang. Usai melepas pawai obor hingga ke Sekolah Alam Talago barulah saya ke Silungkang,”ucap bang Dewa begitu sapaan akrab Dedi Wandra, S.Ag,MA itu kepada Jurnalsumbar.Com, Jumat (29/7/2022).

Subandi, Camat Barangin

Hal yang sama juga disampaikan Camat Barangin, Subandi,SH. “Iya, Jumat (29/7/2022-red) malam ada kegiatan pawai obor yang dilaksanakan Sekolah Alam Talago dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam.1444 H,”kata Subandi yang juga wartawan Harian Singgalang dan mantan Ketua PWI Sawahlunto itu kepada Jurnalsumbar.Com, Kamis (28/7/2022) malam.

Ketua Yayasan Raudhatul Jabal, Kasmir, SH, MM

Ketua Yayasan Raudhatul Jabal, Kasmir, SH, MM, juga membenarkan kegiatan pawai obor di Sekolah Alam Talago itu. “Atas nama yayasan, kami mengucapkan terimakasih pada semua guru, walimurid dan komite atas pelaksanaan pawai obor akbar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 H ini. Semoga Walikota dan Kakanmenag juga hadir sesuai undangan yang telah disampaikan pihak panitia,”kata Kasmir, Kamis (28/7/2022).*raysa caca