Wabup H. Iraddatillah Sambangi Kemensos RI; Pemkab Sijunjung usulkan Buya Syafii Maarif (alm) sebagai Calon Pahlawan Nasional

1318

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Setelah wafatnya Tohoh Nasional asal Sijunjung, Sumatera Barat Bpk. Prof. DR. Ahmad Syafii Maarif, banyak usulan yang di sampaikan oleh masyarakat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung agar almarhum di usulkan untuk menjadi Pahlawan Nasional. Lengkapnya, simak Laporan Sandi, Kontributor Jurnalsumbar.Com dari Jakarta.

Berikut laporannya;

Keinginan dan usulan masyarakat tersebut di sambut baik oleh Pemda Sijunjung, hal ini terlihat dari keseriusan Pemda untuk menindak lanjuti segera dengan berkonsultasi ke Direktorat Jenderal Potensi Sumberdaya Sosial Kementerian Sosial RI.

Lawatan itu dipimpimpin langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah,S.Pt di dampingi Kadis Sosial, Kabid Rehsos, Kabid Linjamsos dan beberapa orang staf Pemda Kabupaten Sijunjung.

Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif adalah salah satu tokoh nasional yang telah berpulang ke rahmatullah pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.

Tokoh yang dijuluki Guru Bangsa ini lahir di Sumpur Kudus, Sumatera Barat, 31 Mei 1935, meninggal dalam usia 87 tahun.


Lebih lanjut Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah mengatakan, bahwa almarhum layak di usulkan sebagai Pahlawan Nasional karena semasa hìdupnya banyak menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Repoblik Indonesia.

Seperti, Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Pendiri Maarif Institute
President World Conference on Religion for Peace (WCRP) dan masih banyak lagi prestasi yang ditorehkan almarhum.

Untuk langkah selanjutnya, Pemda Kabupaten Sijunjung akan membentuk Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) yang bersifat independen yang terdiri dari berbagai unsur seperti Akademisi, Praktisi, Sejarawan dan Unsur terkait lainnya untuk mengumpulkan data, meneliti, mengkaji dan menyusun usulan calon Pahlawan Nasional tersebut.

“Mudah-mudahan keinginan dan usulan masyarat ini bersama dengan Pemda Sijunjung dan Pemprov Sumbar akan dapat terwujud,”harap Wabup usai pertemuan, Selasa (2/8/2022) di Kemsos RI Jakarta.

Lebih lanjut Wakil Bupati Sijunjung mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, lembaga dan organisasi yang ada untuk dapat memberikan supporting terutama untuk tahap awal ini mengumpulkan seluruh data-data tentang Prof. DR. Ahmad Syafii Maarif.*/sandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here