Dihadiri Ketua Dekopinda Sijunjung, Rakor Dekopinwil Sumbar Bahas Koperasi Berbasis Syariah

170

JURNAL SUMBAR | Padang – Ketua Dekopinda Kabupaten Sijunjung, Mukhlis Anwar hadiri Rakor DEKOPINWIL Provinsi Sumatera Barat.

Mantan Wabup Sijunjung, Mukhlis Anwar selaku Ketua Dekopinda didampingi Rizal Efendi (Mantan Kadis Kominfo Sijunjung-red) selaku wakil ketua Dekopinda, secara bersama mebghadiri Rakor Dekopinwil Provinsi Sumatera Barat.

Rakor yang berlangsung, Kamis (15/9/2022) itu juga dihadiri staf Dagperinkop, Eka Yulia Hari. Rakor itu berlangsung di kantor Dekopinwil Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan Gebyar tersebut dalam rangka menyambut Hari Koperasi. HARKOPNAS. 2023.

Beberapa aneka lomba tingkat SLTA. tingkat Kabupaten dan Kota akan diperlombakan. “Mulai dari lomba cerdas cermat tingkat Provinsi Sumatera Barat digelar,”kata ketua Dekopinda Kabupaten Sijunjung.

“Salahsatu usulan untuk gebyar Dekopinda ke generasi milinial, mengenalkan kegenerasi kita tentang ediologi koperasi. Saat ini telah tergerus oleh liberalisme berpengaruh terhadap cara pikir generasi milinial,” sebutbya.

“Selanjutnya dalam kegiatan operasional Dekopinda perlu ada garis tugas yang jelas.
Untuk itu tidak ada tumpang tindih tupoksi dinas teknis. Dan Dekopinda perlu kita konsisten dengan tupoksi. Dekopinda cukup hanya Gerakan Koperasi. Edukasi perkoperasian ,melalui giat LATPENKOP , temu usaha,temu kader baik milinial maupun peranan Wanita penggerak Koperasi. Sedangkan Dinas teknis melaksanakan Teknis operasional. Serta meciptakan iklim usaha yang Kondusif,”tambahnya.

“Ini yang dibahas dalam Rakor yang dipimpin oleh Ir. Hendra Rahim, antara lain; dalam rangka HARKOPNAS tahun 2023, akan ada beberapa kegiatan Nasional dan internasional dari dekopin Pusat. Kegiatan lokal dilakukan oleh Dekopinwil dan Dekopinda Kabupaten/Kota.temu usaha dan lomba Mars Koperasi, lomba cerdas cermat dan Pidato mulai tingkat Kabupaten/kota dan tingkat Provinsi. Ada juga jambore milinial tingkat provinsi Sumbar. Sekaligus pernyataan sikap para milinial,”sambung Rizal.

“Untuk giat tahun 2023, diperlukan sinergitas dengan Perguruan Tinggi dg program Bisnis Plan mengembang usaha.karena banyak Koperasi punya dana yang tidur saja di Koperasi belum jelas untuk apa, diusahakan bermanfaat oleh Koperasi, Dekopinda memfasilitasi temu usaha dengan pengusaha yang sudah sukses dan Digitalisasi. Sinergitas dengan perguruan tinggi pendampingan oleh perguruan tinggi dengan program baru. Pengenalan digitalisasi lanjut dengan tahap pendalaman. Pendamping juga oleh Dekopinwil dengan tim teknis Dekopinwil,”tambah Rizal.

“Sumbar siao menuju Koperasi Berbasis Syariah. Peluang dan tantangan. Semoga berhasil,”papar Mukhlis. rizal.e/*