Launching Penanaman Cabai Merah, Ini Pantun yang Disampaikan Wabup Sijunjung

205

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt melakukan launching penanaman cabai merah mengurangi dampak inflasi di Nagari Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari pada Rabu (14/9/2022).

“Dari Aie Amo ka Bukiktinggi
Singgah sabanta di Padangpanjang
Lah lamo bapak ibu dek mananti
Rombongan Wakil Bupati layi jadi datang.”

Demikian Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt membawakan pantun diawal sambutannya yang disambut tepuk tangan hadirin peserta temu lapang yang berlokasi di Kelompoktani Situalang, Nagari Mundam Sakti.

“Berdasarkan data BPS, inflasi tertinggi kedua di Indonesia adalah Propinsi Sumatera Barat, karena itu kita mendorong agar produksi pangan kita tetap berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan masyarakat” ujar Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt dalam sambutannya.

“Dalam bidang pembangunan sektor ketahanan pangan, kita seringkali dihadapkan pada kendala pembebasan lahan, untuk itu kita selalu mengharapkan agar dalam merencanakan pembangunan dipastikan terlebih dahulu kesiapan pemilik dan ketersediaan lahannya” ungkap Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt.

Temu lapang dalam rangka launching penanaman cabai merah mengurangi dampak inflasi di Keltan Situalang, Nagari Mundam Sakti ini diisi dengan pembacaan doa oleh Syahril, dilanjutkan sambutan Ketua Keltan Situalang.

“Dari Padang ke Bukittinggi
Jalannya banyak gelombang
Selamat datang pak wakil bupati
Kita berjumpa di keltan situalang”
Demikian Firmansyah selaku Ketua Keltan Situalang membawakan pantun diawal acara.

Wali Nagari Mundam Sakti Dayusmar, A.Md tak dapat menyembunyikan kegembiraannya dengan kunjungan Wabup Sijunjung bersama Forkopimda dan OPD terkait dalam acara launching penanaman cabai merah hari ini.

“Situalang sebelumnya adalah daerah yang sulit dijangkau, namun sekarang berkat adanya jalan tembus menuju Nagari Kandang Baru yang tengah dikerjakan sekarang maka akses pembangunan kian terbuka kedepannya” ujar Wali Nagari Mundam Sakti Dayusmar, A.Md dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir. Ronaldi pada kesempatan ini juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan keluarga serta meningkatkan taraf perekonomian.

Temu lapang dalam rangka launching penanaman cabai merah mengurangi dampak inflasi ini turut dihadiri oleh Kapolres Sijunjung, Dandim 0310/SS, Kajari Sijunjung, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Diantara pimpinan OPD yang hadir yaitu Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Adri, S.Pt, Kepala Dinas Dagperinkop IKM Ir. Yulizar, MP, Kepala Disnakertrans Khamsiardi, SSTP, M.Si, Asisten I Hasmizon, M.Si, Kepala BAPPPEDA, Kadiskominfo, Kadis PUPR, Kadinsos PPPA, Kabag Perekonomian, dan Camat IV Nagari.

Kedatangan Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt dalam temu lapang launching penanaman cabai merah mengurangi dampak inflasi disambut langsung oleh Forkopimcam IV Nagari (Kapolsek, Dan Ramil 06, Kepala Puskeswan Palangki, Koordinator BPP), Pemerintahan Nagari bersama lembaga nagari serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Lailatul Uswah, S.Pt dan Ichsanul Qhaffar, A.Md.

Pada kesempatan ini Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt bersama Forkopimda dan Kepala OPD berkesempatan melakukan penanaman perdana cabai merah pada lahan milik Deki di Keltan Situalang. (Gun)