Musnahkan Hama, Pemkab Pessel Belikan Senapan Angin untuk Petani

225

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, menganggarkan pembelian senapan angin untuk petani di daerahnya di tahun 2022

“Ini (pembelian senapan angin) merupakan upaya minimalisir hama tupai, kera, babi, dan lain-lain. Pasalnya, hama tersebut telah membuat petani kewalahan, karena populasi bertambah dari hari ke hari,” ucap Kepala Dinas Pertanian Pessel, Madrianto melalui Kasi Bidang Perkebunan Rosi, di Painan.

Di tahun ini, terangnya, pihaknya menganggarkan Rp255 juta, untuk pembelian 41 pucuk senapan angin dan peluru 45 kotak (merek hercules).

“Jenisnya; Pre Charge Peneumatic (PCP) Air Ranger, dengan Teleskop Bushnell 4-16×44 AOE,” ujar Rosi diamini PPTK kegiatan Alfriyendri.

Senapan angin ini, terangnya, akan dibagikan ke 3 kelompok tani di tiga kecamatan.

Diantaranya: Kelompok Tani (Keltan) Bantaian di Lunang dengan jumlah senapan angin 21 pucuk plus peluru 45 kotak.

Kemudian, Keltan Talawi Sepakat di Sutera sebanyak 15 unit (tanpa peluru) dan Keltan Kapalo Banda Batang Kapas 5 unit (tanpa peluru).

Alfriyendri, PPTK kegiatan menambahkan, demi optimalisasi bantuan, pihak dinas bakal membimbing keltan membuat aturan penggunaan.

“Seperti pertanggungjawaban penggunaan harus melalui ketua kelompok. Jadi, penanggungjawab bisa mengetahui kapan dan dimana saja senapan angin tersebut digunakan oleh anggota kelompok,” ucapnya.

Harapannya, kelompok penerima bantuan memang dapat menggunakan senapan angin tersebut sesuai kebutuhan.

“Dan, target minimalisir populasi hama pengganggu kebun-kebun masyarakat seperti Kera, Tupai, dan Babi, dapat terlaksana,” ucap Alfriyendri.

Senapan angin jenis Pre Charge Peneumatic (PCP) adalah jenis senjata angin memiliki tekanan antara 2.000 – 3.000 psi.

Dan dapat melontarkan proyektil atau pellet sampai kecepatan > 1.000 fps. Biasa digunakan pada small dan medium hunting.(Re)