Magang di Baznas Sijunjung Serasa Berada Dilingkungan Keluarga Sendiri

190

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Magang di Baznas Kabupaten Sijunjung serasa berada di lingkungan keluarga sendiri, demikian kesan yang disampaikan oleh 3 orang mahasiswa semester 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Muhammad Yunus Batu Sangkar pada saat perpisahan kegiatan magang di Baznas Kabupaten Sijunjung di Muaro Sijunjung Jum’at 28 Oktober 2022.

Ketiga orang mahasiswa UIN Mohd Yunus Batu Sangkar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam itu terdiri dari Abi Manyu Rustan, Gina Putri dan Halifah Husna.

Menurut Halifah Husnah mahasiwi yang berasal dari Lintau Kabupaten Datar ini selama 4 bulan sejak bulan Juli sampai bulan Oktober mengikuti kegiatan magang di Baznas Sijunjung ini serasa berada di lingkungan keluarga sendiri, karena pendekatan dan perlakuan dari pimpinan dan Kepala Pelaksana dan Amil pelaksana Baznas Sijunjung terhadap kami, dengan pimpinan serasa orang tua sendiri dan dengan Kepala Pelaksana dan Amil pelaksana serasa kakak dan saudara sendiri, komukasi di antara kami berjalan lancar penuh rasa kekeluargaan, bergembira, bercanda dan bergurau namun kerja tetap jalan dan selesai.

Sedangkan menurut Abi Manyu Rustan mahasiswa berasal dari daerah tetangga Kabupaten Kuantan Singgingi Propinsi Riau menyampaikan kesan bahwa dengan selesai mengikuti magang di Baznas Ini dapat mengetahui tentang ke beradaan , tugas pokok dan manfaat adanya Baznas untuk pengelolan zakat dan mensejahteraan umat, sehingga terasa amat penting Baznas ini harus di dukung semua pihak di daerah ini.

Menurut Gina Putri si gadis yang berasal dari Pulau Punjung kabupaten Dharmasraya, terlaksananya magang kami di Baznas Sijunjung ini telah memantapkan pemahaman kami terhadap materi kuliah kami di kampus, sehingga kami lebih menguasai terapan ilmu Akuntasi, pembukuan dan pengelolaan keuangan secara nyata, termasuk masaalahnya dan kiat kiat penyelesainya.

Mengakhiri kegiatan magang mahasiswa UIN Muhammad Yunus Batu Sangkar ini mereka di lepas oleh Pimpinan Baznas Sijunjung yg di wakili oleh Waka II H.Syahril Syahda, SH di dampingi oleh Kepala Pelaksana Meri Mulyadi, S.PD. dan amil pelaksana.

Waka II H.Syahril Syahda, SH. dalam arahanya menyampaikan agar para mahasiswa peserta magang dapat nenyingkronkan teori yang diterima di kampus dengan kenyataan dan pelaksanaan nya dilapangan, sehingga ilmu yang dituntut di masa kuliah akan lebih mantap di kuasai dan dipahami, yang akan digunakan untuk penyelesaian tugas perkuliahan dan mencari lapangan kerja di masa datang.

Terima kasih atas semua jesungguhan, partisipasi, kedisplinan dalam melaksanakan kegiatan magang, dan maaf atas kekurangan dan kekhilapan kami keluarga besar Baznas Kabupaten Sijunjung serta pintu selalu terbuka lebar untuk para mahasiswa datang kembali ke Baznas ini, tandas Waka II H.Syahril Syahda, SH.

Acara yang berlangsung dalam suasana penuh rasa kekeluargaan itu di akhiri dengan penyerahan cendra mata dari Mahasiswa Magang kepada Waka II dan poto bersama sebagai untuk di kenang ke masa datang.rilis