JMSI Jabar Sampaikan Duka Cita Atas Gempa Cianjur, Guncangannya Terasa Hingga Jakarta

276

JURNAL SUMBAR | Jabar – Ketua JMSI Jabar, Sony Fitrah Perizal, menyampaikan ucapan duka cita atas bencana alam gempa bumi yang melanda beberapa wilayah di Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

“Duka cita yang mendalam dari keluga besar JMSI Jabar atas bencana gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR yang menimpa saudara-saudara kita di Kabupaten Cianjur, Sukabumi, kota Sukabuni, Bogor dan kota Bogor Jawa Barat,” kata Sony.

Para pengurus JMSI Jabar sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak agar bisa membantu penanganan darurat bagi korban gempa.

Soby mengimbau agar seluruh anggota JMSI Jabar untuk menyampaikan informasi dilapangan dengan mengedepankan etika jurnalistik.

“Kedepankan informasi yang faktual dan terverifikasi. Jika memungkinkan ikut terjun membantu korban gempa dilapangan,” ujarnya.

Gempa bumi yang menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpusat di Cianjur dengan kedalam 10 km di perut bumi terjadi siang ini.

Sejumlah bangunan, termasuk rumah penduduk, sekolah dan gedung pemerintahan memgalami rusak berat. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, sementara tercatat, 20 orang meninggal dan ratusan luka-luka.

Assesment sampai pukul 15.00 WIB:

– Terdampak 700 Rumah
– Meninggal 44 Jiwa
– Luka berat 400 Orang
– Luka ringan 600 Orang

Kebutuhan Mendesak :
– Makanan
– Bahan Makanan
– Selimut
– Tenda Darurat
– Dapur Umum

Gempa tersebut juga dirasakan warga di Jakarta. “Gempa Cianjur terasa hingga Jabodetabek,”kata Ice warga Tenggerang Selatan yang juga Manager TKI/JNE Tanggerang dan Pembina Yayasan Rauhdatul Jabal Kota Sawahlunto itu via Whatsapnya, Senin (21/11/2022) sore.

“Alhamdulillah keluarga baik-baik aja di rumah, Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin,”tambahnya singkat. rilis/*