UPA 2022, Ketua Peradi Padang: Advokat Berperan Perbaiki Wajah Hukum Indonesia

201

JURNAL SUMBAR | Padang – Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menggelar Ujian Profesi Advokat 2022 Gelombang 3 secara serentak di 50 kota di Indonesia pada Sabtu 26/11/2022.

Sebanyak 3.587 orang ikut sebagai peserta ujian di seluruh Indonesia. Khusus di lingkungan Dewan Pimpinan Cabang Peradi Padang, sebanyak 72 orang ikut sebagai peserta. Ujian digelar di kampus Institut Teknologi Padang yang dimulai tepat pada pukul 9.00 WIB.

Pelaksanaan ujian di Padang dihadiri oleh Mohammad MM Herman Sitompul, S.H., MH. Dalam sambutan mewakili Ketua Panitia Ujian Profesi Advokat 2022 Gel. 3, Herman Sitompul menyampaikan bahwa Peradi sebagai organisasi advokat berkewajiban menyelenggarakan Ujian Profesi Advokat. Herman berharap, dengan penyelenggaraan ujian yang profesional dan kredibel akan lahir advokat-advokat yang berkualitas dan terhormat.

Ujian Profesi Advokat di Padang dihadiri langsung oleh Ketua DPC Peradi Padang Miko Kamal, S.H., LL.M., PhD didampingi oleh Yunizal Chaniago, S.H., Dr Sanidjar, S.H., MH dan Danil Mulia, S.H.

Dalam sambutannya, Miko Kamal menyampaikan harapan lahirnya advokat-advokat yang berperan memperbaiki wajah hukum di Indonesia. Kata Miko, “Wajah hukum kita sekarang tidak terlalu baik yang dibuktikan dengan ditangkapnya beberapa aparat penegak hukum termasuk dari kalangan advokat. Oleh sebab itu, kita semua harus bertanggung jawab dan ikut serta mendorong perbaikan wajah penegakan hukum kita dengan cara menjalankan profesi secara benar atau menghindari tindakan kolutif dalam berpraktik”.

Miko juga mendoakan agar ke 72 orang peserta Ujian Profesi Advokat lulus semua dan selanjutnya segera mengikuti dan memenuhi semua persyaratan untuk diangkat sebagai advokat pejuang perubahan wajah hukum di Indonesia. (Rilis Peradi Padang)