Dipimpin AKBP Lazuardi, Apel Gelar Pasukan OPS Lilin Singgalang Pengamanan Nataru 2022, Polres Sijunjung Terjunkan 140 Personil

501

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kapolres Sijunjung, Sumatera Barat, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, pimpin apel gelar pasukan OPS Lilin Pengamana Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kegiatan tersebut dipusatkan di lapangan Mapolres Sijunjung, pada Kamis (22/12/2022) yang diawali pemeriksaan pasukan.

Pada pengaman pasukan Nataru 2022/2023, Polres Sijunjung, menerjunkan 140 personil..Terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Dinkes, Puskesmas, RSUD, dan PUPR.

“Pos pengamanan Nataru berada di dua titik, satu di Kiliranjao dan satu lagi di simpang Tanjungampalu. Keduanya pos pelayanan,”kata Kapolres AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi melalui Kasubag Humas, AKP Nasrul Ajo.

Kapolres Sijunjung, pada kesemparan itu membacakan sambutan tertulis kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Pemerintah Siapkan Langkah Pastikan Rangkaian Natal dan Tahun Baru Aman dan Lancar.

Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah untuk memastikan rangkaian kegiatan Natal tahun 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Persiapan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden terkait dengan persiapan libur Nataru, maka beliau memerintahkan kepada kita untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian yang terkait dengan kegiatan Nataru semua harus bisa terselenggara dengan lancar, aman, dan baik,” ujar Kapolri dalam keterangan persnya usai mengikuti Ratas yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Kapolri menegaskan, pemerintah telah menyiapkan pengaturan lalu lintas, baik di jalur darat, laut, dan udara guna mengantisipasi kepadatan saat arus mudik dan arus balik Nataru.

“Khusus untuk jalur darat, tentunya pengalaman pada saat pelaksanaan Idulfitri tentunya ini menjadi pengalaman yang sangat baik dan kami sudah memiliki pola terkait dengan bagaimana kita mengatur pada saat terjadi kepadatan. Artinya, pada saat memang situasi sangat padat khususnya di jalan tol, tentu akan kita berlakukan proses rekayasa mulai dari contra flow sampai dengan one way (satu arah),” ujarnya.

Sigit menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya, terutama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Jasa Marga, dalam memberlakukan kebijakan tersebut.

“Namun, sebelumnya kita akan memberikan informasi ataupun sosialisasi kepada masyarakat baik melalui jalur radio, jalur TV, ataupun jalur-jalur informasi yang bisa kita berikan sehingga masyarakat tentunya akan siap dan tidak terganggu dengan proses rekayasa yang kita laksanakan,” imbuhnya.

Sigit menyampaikan, pihaknya juga akan melakukan pengaturan guna menjamin kelancaran distribusi bahan pokok dan bahan bakar minyak untuk kebutuhan Nataru.

“Pemerintah terus mengontrol harga sembako agar harganya tetap terkendali, termasuk juga kebijakan-kebijakan yang terus dilakukan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI-Polri untuk mengawasi peredaran sembako di lapangan,” ujarnya.

Sementara untuk pengamanan rangkaian Nataru, kata Sigit, telah disiapkan sebanyak sekitar 167 ribu personel pengamanan yang terdiri dari Polri, TNI, dan pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, disiapkan juga 2.629 posko yang terdiri dari posko pengamanan, posko pelayanan, dan posko terpadu.

“Untuk seluruh rangkaian kegiatan pengamanan itu sendiri kita melibatkan kurang lebih 166.791 personel, terdiri dari 101 ribu personel Polri, kemudian ditambah dengan dari TNI, tadi Pak Panglima [TNI] sampaikan kurang lebih ada 23 ribu, dan sisanya dari seluruh stakeholder terkait,” ujarnya.

Kapolri menambahkan, terdapat kurang lebih 56.636 objek pengamanan, yang terdiri dari gereja, pusat perbelanjaan, terminal, stasiun kereta, pelabuhan, bandar udara, objek wisata, hingga objek-objek kegiatan untuk perayaan tahun baru.

“Tentunya di dalam pelaksanaan pengamanan tempat-tempat ibadah kami juga bekerja sama dengan TNI, pemerintah daerah, dan juga organisasi masyarakat,” imbuhnya.

Apel gelar pasukan OPS Lilin Singgalang pengamanan Nataru 2022 dan 2023 tersebut dihadiri Asisten 1 Afrisal Chan, unsur Forkompida, para OPD, PJU, Polsek dan staf Polres Sijunjung juga hadiri diacara tersebut.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here