Menparekraf Puji VBWS, Pertama di Indonesia, Wagub Audy Ajak Visitasi ke Mentawai

823

JURNAL SUMBAR | Padang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) atas diluncurkannya program kunjungan wisata bertajuk Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023. Menurutnya, VBWS merupakan yang pertama diluncurkan di Indonesia dan berpotensi besar untuk mendukung peningkatan ekonomi dan pariwisata nasional.

Hal itu diungkapkan Mas Menteri -sapaan Sandiaga- dalam salah satu sesi di acara dialog interaktif The Weekly Brief With Sandi Uno yang berlangsung luring dan daring, di Jakarta, Senin (30/1/2023).

“Saya bersaksi West Sumatera memang beautiful dan punya kuliner yang menggugah selera. Saya ucapkan selamat dan sukses dan menjadi provinsi pertama yang melaunching,” ucap Sandiaga.

Sebanyak 77 ivent yang diagendakan dalam VBWS 2023 menurut Sandiaga merupakan modal yang baik untuk menggerakan wisata di daerah. Ia berharap VBWS akan meningkatkan optimisme ditambah trend pertumbuhan ekonomi positif pasca pandemi.

“Kita harus optimis karena ekonomi kita menunjukkan pertumbuhan yang baik,” kata Sandi.

Hadir dalam dialog interaktif tersebut Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, bersama Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, serta Kadis Pariwisata Sumbar Luhur Budianda.

Wagub Audy menyambut baik dukungan Kemenparekraf untuk VBWS 2023 dan berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan domestik hingga 8,2 juta wisatawan.

“Kita fokus turis domestik. Sebelum Covid, kunjungan wisata Sumbar mencapai 8 juta. Karena covid, hilang separohnya. Kita ingin mengembalikan itu, kita buat 77 iven, dan saat sudah berkembang menjadi 85 iven,” ujar wagub.

Selain menetapkan agenda pariwisata, keberadaan desa wisata juga menjadi andalan untuk mendukung VBWS 2023. Tahun ini menurut Audy, akan ada sedikitnya 290 desa wisata yang akan didaftarkan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Upaya lain, lanjut wagub, adalah dengan melakukan pendekatan pada dua maskapai baru yang akan beroperasi agar menjadikan Sumbar sebagai salah satu rute penerbangannya. Sehingga pilihan penerbangan akan semakin banyak dengan harga tiket yang lebih kompetitif.

Tak lupa, Wagub Audy juga mengundang Menteri Sandiaga serta rekan-rekan media nasional yang hadir pada saat dialog interaktif tersebut untuk mengikuti fam trip 4 hari 3 malam menikmati keindahan alam Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Semenyara Wahyu Purnama, mengatakan program VBWS 2023 dengan target wisatawan 8,2 juta akan memberikan dampak ekonomi signifikan pada Sumbar.

“Pariwisata saat ini sudah mendekati kebutuhan pokok. Orang butuh healing. Di Sumbar, UMKM sangat bergantung pada pariwisata, sehingga dampak multipliernya akan sangat tinggi sekali. Harapannya bisa meningkatkan ekonomi Sumbar diatas 5 persen,” harap Wahyu.(IS/doa/MMC)

Dinas Kominfotik Sumbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here