Pemilu 2024, Bupati Eka Putra: PPS Harus Bekerja Profesional dan Independen

238

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Panitia pemungutan Suara(PPS) diminta bekerja secara profesional, Independen, menjaga integritas, serta penuh tanggung jawab, dan bekerja secara maksimal dan berpedoman pada undang-undang berlaku.

Adrianto selaku Sekretaris Dinas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mewakili Bupati Tanah Datar mengemukakan hal itu
ketika melantik dan mengambil sumpah sekaligus pembacaan pakta integritas terhadap 225 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Tanah Datar,
Selasa(24/1)di Emersia Hotel Batusangkar.

Dikatakan, tantangan kerja PPS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, soalnya tahun 2024 mendatang Indonesia akan melaksanakan perhelatan politik besar, seperti pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota dan juga Pemilihan Kepala Daerah secara serentak.

Makanya, Adrianto mengingatkan peserta yang telah dilantik agar bekerja secara propesional, independen, serta jalin koordinasi dengan penyelenggara dan pihak terkait di wilayah masing-masing agar terjalinnya sinergitas yang bermuara pada kelancaran pemilu. Saya berharap jadikanlah pelantikan ini sebagai amanah dan janji pada Allah.

Adapun penilaian atau tolok ukur dalam pemilu, kata Adrianto, adalah tingkat keberhasilan dan partisipasi masyarakat. Oleh sebab itu , pelantikan PPS menjadi penting dan strategis terutama dalam penyiapan personil yang akan terlibat pada pemilu mendatang.

Adrianto meyakini berhasil kalau petugas terlibat melaksanakan tugas sesuai fungsi dan kewajibannya dengan baik serta bekerjasama dengan harmonis.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fahrul Rozi menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan anggota PPS di lingkup Kabupaten Tanah Datar Datar.

Fachrul Rozi mengingatkan PPS menyatukan persepsi dalam melaksanakan tugas dan wewenang, dan menanamkan serta menunbuh kembangkan integritas dalam diri masing-masing, kejujuran, kedisiplinan, keprofesionalan, dan hindari sikap yang berpotensi terjadinya pelanggaran yang berefek pada KPU Kabupaten Kota dan bahkan KPU RI.

Aktivitas peantikan dihadiri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, perwakilan dari Polres Tanah Datar, Kejaksaaan Negeri Tanah Datar, Kodim 0307 Tanah Datar, Ketua Bawaslu Tanah Datar dan undangan lain – habede