Jadi Pelopor Kebersihan dan Lingkungan Hidup Pramuka Saka Kalpataru Sawahlunto Dikukuhkan

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Diharapkan mampu menjadi pelopir kebersihan dan lingkungan hidup, 18 anggota baru Satuan Karya (Saka) Kalpataru Kwratir Cabang Pramuka Kota Sawahlunto dikukuhkan. Pengukuhan tersebut sekaligus perkemahan di Kayu Gadang Desa Santua Kecamatan Barangin, Sabtu kemarin.

Pimpinan Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab Sawahlunto, Heantomas meminta, anggota baru ini mampu berperan aktif serta menggali potensi diri dalam mengikuti pembinaan di Saka Kalpataru.

“Harus mampu menjadi pelopor kebersihan dan lingkungan hidup,” ungkap Heantomas menyampaikan pesan Ketua Majelis Pembimbing Saka yang juga Kepala Dinas Perumahan Kebersihan Pemukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH), Adrius Putra.

Epi

Disebutkan Heantomas, anggota baru ini juga diharapkan meneruskan tren positif angkatan sebelumnya, yang senantiasa aktif mendujung kegiatan di DPKP2LH dan Saka Kalpataru.
“Bahkan mampu menorehkan prestasi di kegiatan regional dan Nasional,” ungkapnya.

Sementara, Pamong Pramuka Saka Kalpataru Adrian mengungkapkan, anggota yang dilantik ini berasal pramuka penegak bantara dari pangkalan gugus depan SLTA se kota Sawahlunto yang berminat menjadi anggota Saka Kalpataru.
“Untuk kegiatan pengukuhan, sengaja dibuat dalam rangkaian perkemahan sekaligus memberikan materi pengenalan krida yang ada pada Saka Kalpataru, yakni Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), krida Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Krida Perubahan Iklim,” jelas Adrian.

Pada perkemahan ini, lanjut Adrian juga disampaikan pembekalan kepramukaan oleh pelatih dari Kwarcab Kota Sawahlunto terkait pembinaan pramuka penegak. Dengan harapan anggota Saka Kalpataru juga aktif di pangkalan gudepnya masing masing.(kiy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.