Pemerintah Tanah Datar Raih Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mendapat penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat setelah berhasil meraih posisi ke 5 se-Sumatera Barat.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Yefri Herianti mengatakan hal itu dalam acara Penyerahan dan penyampaian penghargaan kepatuhan standar pelayanan publik pada UU 25 Tahun 2009 Senin, (13/2) di Padang.

Hasil penilaian Ombudsman terhadap pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik tahun ini Tanah Datar melejit luar biasa. Tanah Datar berhasil meraih nilai A (Kualitas Tertinggi) dengan 88,11 dan berada di Zona Hijau,tutur
Yefri Herianti.

Dalam hal ini, Yefri memuji kinerja dan upaya Tanah Datar dalam upaya memperbaiki kualitas pelayanan publik setelah mendapat poin rendah tahun lalu. Diketahui, sebelumnya di Tahun 2021, Tanah Datar berada di zona kuning dengan skor 76,30 atau nilai C.

Progres di Tanah Datar untuk mempersiapkan penilaian kepatuhan mulai 2021,sebut Yefri , saat itu kuning yang mengagetkan semua, padahal Tanah Datar jadi contoh dalam pelayanan publik tapi ternyata tiba-tiba dapat kuning.

Epi

Disebutkannya, membaca pemberitaan tentang pak Bupati yang menyampaikan terkait ASN selaku “pelayan masyarakat” Hal itu menjadi satu hal memberikan dampak baik. Saya berkeyakinan nilai-nilai ASN berakhlak itu sudah jadi yang mendarah daging di ASN Tanah Datar, imbuh Yefri.

Khusus penilaian, sebut Yefri, nilai Indikator Kinerja Utama dari masing-masing OPD, mau lihat dijalankan sesuai indeks, dan yang pasti standar pelayanan harus dimuat didalamnya dan dipahami seluruh unsur OPD dan ASN yang ada. Empat dimensi penilaian pertama, Kompetensi dan sarana prasanana. Kedua, standar pelayanan. Ketiga, Masyarakat terkait persepsi maladministrasi dan keempat, pengelolaan pengaduan.

Seterusnya, Bupati Tanah Datar Eka Putra terkejut dengan hasil yang diterima Tanah Datar dalam penilaian tersebut. Pemerintah Tanah Datar kaget, tahun 2021 itu kuning tiba-tiba tahunya kita mendapat hijau tahun 2022.Kami belum puas ingin lebih baik lagi, kalau bisa rangking pertama.

Pelayanan yang utama ditanamkan kepada seluruh ASN di lingkup Pemerintah Daerah,tekan Eka.Tidak pura – pura,dalam pelayanan kami selalu menekankan kepada seluruh ASN dari pimpinan sampai ke petugas K3 kita digaji untuk melayani masyarakat dengan niat ibadah.InsyaAllah kita selamat dunia maupun akhirat.

Aktivitas Penyerahan dan penyampaian penghargaan dihadiri Bupati Eka Putra didampingi Plt. Asisten III Jasrinaldi, Kabag Organisasi Irsyad, Kadis Kominfo Tanah Datar Yusrizal- habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.