Lima Desa Wisata di Sumbar, Perkampungan Adat Nagari Sijunjung Masuk Nominasi 75 Besar ADWI Tahun 2023

846

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Setelah melalui proses panjang, akhirnya lima desa wisata di Provinsi Sumatera Barat masuk nominasi 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023, — dan salahsatunya Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

“Alhamdulillah, Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, masuk 75 besar ADWI Tahun 2023. Ayok..kerja keras, cerdas dan tuntas,”ucap Kadis Parpora Sijunjung, Afrineldi, SH dalam akun whatsappnya yang dikirim keredaksi Jurnalsumbar.Com.

Mantan Kabag Umum Setdakab Sijunjung itu menyebutkan, ada lima desa wisata di Sumbar yang lolos masuk nominasi 75 besar dari 500 peserta yang ikut diajang ADWI tahun 2023 se-Tanah Air.

Kadis Parpora Sijunjung, Afrineldi,SH

Kelima desa wisata di Sumbar yang masuk nominasi 75 ADWI tahun 2023 tersebut, yakni; Desa Wisata Nyarai (Kabupaten Padang Pariaman), Desa Wisata Kubu Gadang (Kota Padang Panjang), Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung (Kabupaten Sijunjung), Desa Wisata Puncak Lawang (Kabupaten Agam) dan Desa Wisata Muntei (Kabupaten Mentawai).

Untuk diketahui, Desa Wisata yang mendaftar pada ADWI 2023 seluruh Indonesia tercatat sebanyak 4.573 Desa Wisata. Untuk Sumatera Barat sendiri ada sebanyak 327 desa wisata mengikuti ADWI tahun 2023.

Perbandingan provinsi yang masuk 500 desa wisata terbanyak adalah : untuk Indonesia; Sumbar (40 desa wisata), Jawa Timur (40 desa wisata) dan Sulawesi Selatan (40 desa wisata).

Sedangkan untuk Sumatera yang lolos 500 besar nominasi ADWI 2023 itu, yakni, Sumatera Barat (40 desa wisata), Sumatera Ytara (20 desa wisata) dan Lampung (16 desa wisata).

“Alhamdulillah, untuk Kabupaten Sijunjung, ada tujuh desa wisata yang masuk nominasi 500 besar ADWI tahun 2023 ini,”kata Kadis Parpora Sijunjung kala itu.

Ketujuh Desa Wisata itu, adalah Desa Wisata Kamang, Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Desa Wisata Kunpar, Sisawah, Sumpurkudus, Puncak Caning Bukit Bual dan Desa Wisata Kumanis.

Setelah dilakukan penilaian lanjutan ADWI tahun 2023, panitia memutuskan lima desa wisata di Sumbar masuk nominasi 75 besar, diantaranya Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung.

“Semoga penilain selanjutnya Perkampungan Adat Nagari Sijunjung masuk nominasi lima besar. Sebab, pada tahun 2022, Nagari Silokek juga menjadi Juara 3 ADWI,”harap Afrineldi menyebut dalam waktu dekat mas Mentri “Sandiaga Uno” akan datang ke Perkampungan Adat.

Sekedar catatan, Kampung Adat Nagari Sijunjung adalah representasi perkampungan dan masyarakat Matrilineal Minangkabau. Kampung adat ini terletak di Jorong Padang Ranah dan Tanah Bato, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.*
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here