BBPOM Sumbar Pastikan Pabukoan di Batusangkar Aman Dikonsumsi

271

JURNALSUMBAR|Batusangkar- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, Sumatera Barat, memastikan tidak ada bahan berbahaya pada makanan di Pasar Pabukoan Batusangkar.Demikiam dikatakan

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita,Sabtu(1/3) di Batusangkar setelah pemeriksan langsung BBPOM bersama Dinas Kesehatan Tanah Datar, Senin(27/3) terhadap makanan dan minuman di Pasar Pabukoan Batusangkar.

Menurut kepala BBPOM Padang diwakili Antoni Yasri, mengatakan setidaknya pada sidak tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap 15 sampel.15 sampel yang kita ambil, ada dari jenis ikan goreng, takjil seperti cendol, buah tap dan pewarna, dan lainnya semuanya terbebas dari bahan berbahaya, seperti boraks dan formalin.

Selain itu, tidak hanya sidak di Pasar Pabukoan, BBPOM dan Dinkes Tanah Datar juga melakukan pengecekan ke beberapa distributor makanan seperti swalayan di Kecamatan Salimpaung dan Kota Batusangkar.

Dikatakannya,kita apresiasi Pemkab Tanah dalam pengawasan makanan, Alhamdulillah berjalan dengan baik, masyarakat kita untuk belanja juga aman.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita, mengatakan pada sidak tersebut pihaknya telah mendatangi ke pasar bersama pihak terkait seperti Dinas Koperindag, Kejaksaan, Kepolisian, Pol PP dan juga bekerjasama dengan Balai POM Padang.

Dari beberapa titik yang dikunjungi dinyatakan aman dan bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, boraks dan lainnya.

Memang ada beberapa barang expired yang ditemukan beberapa swalayan atau minimarket tapi kita sudah edukasi. Alhamdulillah semuanya dalam kondisi baik,sebut Yesrita.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat Tanah Datar untuk cerdas dalam berbelanja dengan melakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kadaluarsa).

Yesrita mengimbau masyarakat Tanah Datar cerdas memilih makanan, sehingga tidak ada masyarakat kita yang tercemar, dan aman disaat melaksanakan hingga lebaran nantinya – habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here