Program Merdeka Kemendikbudristek Disosialisasikan Pemkab Sijunjung

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia telah meluncurkan Program Merdeka Belajar eposide ke 24 dengan topik Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Surat Edaran Direktur Jenderal .Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Dr. Iwan Syahril, S.IP., MA,. Ed.M., Ph.D yang ditanda tangani pada tanggal 23 Januari 2023, dengan Nomor 0759/C/HK.04.01/2023 tentang Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal.

Surat Edaran ini di Tujukan Kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota seluruh Indonesia agar di sosialisasikan, tidak terkecuali di Kabupaten Sijunjung sendiri.

Untuk Kabupaten Sijunjung sendiri surat edaran tersebut disosialisasikan di TK Pertiwi Muaro Sijunjung yang dihadiri langsung Oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir didampingi oleh Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung Ny. Riri Benny Dwifa, Kabid PAUD dan PNF Hendri Nurka, S. Sos, M. Si, Kasi Kurikulum PAUD Delvianti Basri, SE, Kabag Protokol Admiriska, S. Ap dan ketua PKG PAUD Kecamatan Sijunjung Fitri Hayani, Kamis (25/5/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung yang kali ini diwakili oleh Kabid PAUD dan PNF Hendri Nurka menjelaskan bahwa, “Surat Edara ini harus di sosialisasikan dan mengajak kepada seluruh PAUD  dan Pendidikan Non Formal untuk menjalankan Program Merdeka belajar ini, sehingga transisi dari PAUD ke SD jadi menyenangkan.”

Epi

Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung dikesempatan yang sama juga, “menyambut baik dengan adanya program merdeka belajar ini, dan siap untuk mensosialisasikan program ini ke seluruh PAUD yang ada di Kabupaten Sijunjung Melalui Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung.”

“Saya sebagai Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung siap untuk mengawal kegiatan Transisi PAUD ke SD di Kabupaten Sijunjung dengan melaksanakan tiga target perubahan Gerakan, diantaranya pertama tidak ada lagi tes calistung pada penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Dasar, Kedua menerapkan masa pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS ke Pada Murid Baru, kemudian yang terakhir menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dalam mencapai Enam Kemampuan pondasi Anak,”terang Bunda PAUD.

Sementara itu, Bupati Sijunjung dalam sambutannya, “mengucapkan terimakasih dan Apresiasi kepada Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang telah melaunching kebijakan Medeka Belajar Episode ke 24 dalam rangka menuju Indonesia Emas di Masa yang akan dating.”

“Khusus untuk kebijakan Transisi belajar dari PAUD ke SD yang menyenangkan, kami berkomitmen Bersama Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung serta seluruh Stake Holder yang terkait akan mengawal dan melakukan Advokasi terhadap kebijakan Merdeka Belajar ini”, lanjut Bupati Benny.

Lebih lanjut Bupati mengajak agar, mendukung Kebijakan Transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan, agar tercipta anak – anak yang cerdas, Pintar, Kreatif dan Berkarakter.ovi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.