Penas XVI 2023, Kontingen Mulai Berdatangan di Padang Termasuk Sijunjung

JURNAL SUMBAR | Padang – Pekan Nasional (Penas) XVI 2023 akan digelar pada 10-15 Juni 2023 di Padang.

Penas XVI nantinya bakal dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Pangkalan Udara (Lanud) Sutan Syahrir, Padang pada Sabtu (10/6/2023) pagi dan ditutup oleh Wakil Presiden Maruf Amin pada Rabu (15/6/2023).

Dilansir dari laman penasktna.id Penas XVI 2023 Tani-Nelayan di Padang mengangkat tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Petani Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Berdasarkan pantauan, Kontingen Penas XVI 2023 sudah mulai berdatangan, diantaranya KTNA Sijunjung, Agam dan daerah lainnya di Sumbar.

KTNA Sijunjung juga telah mengikuti Rembug Madya pada Rabu (7/6/2023) yang dibuka langsung oleh Ketua Umum KTNA.

Sementara kontingen Kabupaten Aceh Timur, kemarin Kamis (8/6/2023) telah berangkat dari Langsa.

Epi

“Kami 20 orang, berangkat dengan bus pariwisata sekitar pukul 08.00 Wib,” ujar Kasubbag UP Dinas Pertanian Aceh Timur Sastrawan Simeon Bangun, SST melalui sambungan teleponnya kemarin.

Sementara itu, kontingen asal Kabupaten Aceh Utara menurut keterangan Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Zulfikar, SST berjumlah 30 orang menggunakan jalur darat dan pagi ini tengah berada di Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Kontingen lain, Lisda Purba dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Propinsi Sumatera Utara menyatakan hari ini akan berangkat.

Penas XVI akan diisi dengan agenda rembug madya, rembug utama, pameran, temu karya, kontes ternak, bimbingan teknis, lomba mancing, serta gelar teknologi dan even lainnya yang menyebar di kabupaten/kota.

Tidak hanya tingkat nasional, perwakilan petani dari negara-negara ASEAN juga bakal mengikuti acara tersebut nantinya.

Disamping Kota Padang, acara juga dilaksanakan di Kabupaten Solok, Pariaman, Tanah Datar dan Sawahlunto. (AG)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.