Tingkatkan Layanan Kesehatan, Bupati Sijunjung Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI

717

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir melakukan Audiensi ke Kementerian Kesehatan RI dan diterima langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Ruang Rapat Menteri Kesehatan Gedung Prof Sujudi Kementerian Kesehatan RI Kuningan Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Pada kesempatan itu, Menteri Kesehatan RI didampingi oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat, Dirjen Pelayanan Kesehatan dan Dirjen Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Audiensi tersebut merupakan upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sijunjung.

Bupati Benny Dwifa menyebut kunjungan itu bertujuan untuk melaporkan pembangunan Rumah Sakit Pratama yang berada di Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

“Kita berharap operasional RS Pratama segera diresmikan menjadi Rumah Sakit Rujukan Sumatera Bagian Tengah untuk layanan Ibu dan Anak, hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah dalam menurunkan angka stunting,” ungkap Benny.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Menteri Kesehatan RI atas memperhatikan peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sijunjung.

“Alhamdulillah Pemkab Sijunjung mendapatkan dana melalui DAK Fisik Bid kesehatan untuk RS Pratama sebesar 7,7M lebih, untuk kegunaan seperti ambulance dan puskesmas keliling berupa kendaraan Roda 4 dan Roda 2 dan termasuk DAK Non Fisik sebesar hampir 13 M,” tuturnya.

Selain itu, hibah alat ukur untuk anak atau antropometri yang berguna sabagai alat validasi stunting sebanyak 305 paket atau sebesar 2,4 M.

“Tentu semuanya ini dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat khususnya Kabupaten Sijunjung,” ujar Bupati muda itu.

Ia juga menyampaikan Angka Harapan Hidup (AHH) sebagai salah satu komponen pengukuran IPM mengalami peningkatan tiap tahunnya.

“Adapun AHH Kabupaten Sijunjung pada saat ini meningkat, diketahui tahun 2023 sebesar 72,59, sedangkan AHH tahun 2022 sebesar 66,70,” urai Benny.

Sementara, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyambut baik kedatangan Bupati Sijunjung.

“Apresiasi yang luar biasa untuk Kabupaten Sijunjung yang terus meningkatkan layanan kesehatan kepada Masyarakat dibawah kepemimpinan bupati muda yang enerjik ini,” ucapnya.

Budi mengakui, bentuk keseriusan Pemkab Sijunjung dalam pelayanan kesehatan terbukti dengan meningkatnya Angka Harapan Hidup (AHH). Selain itu, Sijunjung juga merupakan menjadi salah satu kabupaten/kota yang menerima penghargaan tertinggi di bidang kesehatan yaitu swastisaba wistara.

Bupati Sijunjung serahkan cendramata pada Menkes RI

Pihaknya mendukung penuh terkait dengan rencana RS Pratama yang akan dijadikan pusat layanan kesehatan ibu dan anak untuk sumatera bagian tengah.

“Diminta kepada Bupati Sijunjung agar menyiapkan seluruh hal yang berkaitan dengan status tersebut,” harapnya.

Dikatakan Menkes, selain sarana dan prasaran tentu sangat penting SDM yang akan melayani di Rumah Sakit Pratama itu.

“Insyallah tahun 2025 mendatang kita akan mengalokasikan pemenuhan alat-alat kesehatan untuk Kabupaten Sijunjung sebesar 40-60 M,” tuturnya.

“Ini tentu tidak hanya untuk RS Pratama, melainkan untuk pusat-pusat layanan kesehatan di Kabupaten Sijunjung, sehingga akan semakin lengkap memiliki alat-alat kesehatan,” pungkasnya. rilis/dicko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here