Pelayanan Membaik, PAD RSUD Sijunjung 2023 Over Target, Direktur; Kami Akan Memberikan yang Terbaik

561

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung, Sumatera Barat, bertekad dan berkomitmen untuk terus berbenah dan meningkatkan pelayanan pada “pasien” masyarakat daerah setempat.

Tak hanya itu, rumah sakit kebanggaan rang Lansek Manih yang dipimpin Direktur RSUD Sijunjung, dr. Reyantis Capanay itu juga berupaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Terbukti, di tahun 2023, RSUD Sijunjung berhasil mendongkrak PAD over target. “Alhamdulillah, soal terget PAD RSUD Sijunjung tahun 2023 berhasil melampaui target. Pencapaian hingga 111 persen, target Rp35 miliar/tahun dan terealisasi hingga Rp40 miliar/tahun,”kata Direktur RSUD Sijunjung, dr. Reyantis Capanay didampingi Kabid Keuangan RSUD Sijunjung, Rahmawati,SE, kepada Jurnalsumbar.Com, Senin (12/2/2024).

dr. Reyantis Capanay, Direktur RSUD Sijunjung

“Pencapaian itu diraih dari pemasukan pasien BPJS dan pasien umum. Kalau pemasukan dari BPJS kisaran Rp2 miliar hingga Rp3 miliar/bulan. Untuk tahun 2024, target PAD Sijunjung sebesar Rp36 miliar, semoga itu nanti juga terealisasi,”tambah Kabid Keuangan RSUD Sijunjung, Rahmawati,SE yang juga mantan Kasubag Pelayanan Publik Bagian Organisasi Setdakab Sijunjung itu.

Untuk pencapaian target tersebut tentu dibutuhkan pelayanan secara baik. Kabid Pelayanan RSUD Sijunjung, dr.Hj.Imelda, menyebutkan, pihak manajemen RSUD Sijunjung bertekad akan terus meningkatkan pelayanan.

“InsyaAlloh, kami akan terus berbenah dan meningkatkan pelayanan secara baik pada pengunjung rumah sakit. Jika pelayanan kami memuaskan, maka sampaikanlah pada warga lainnya, jika kurang baik maka sampaikanlah.pada kami, karena kami siap untuk memberikan yang terbaik,”ucap mantan Kapus Tanjung Gadang peraih TOP 45 Nasional itu bertekad akan memberikan pelayanan terbaik.

Kabid Pelayanan RSUD Sijunjung, dr.Hj.Imelda

Direktur RSUD Sijunjung,dr. Reyantis Capanay mengatakan, pihaknya akan selalu berupaya setiap saat agar pelayanan di RSUD Sijunjung berlangsung dengan sempurna, sehingga tidak ada lagi kesan tidak puas dari pasien dan masyarakat Sijunjung.

Menurut Direktur RSUD Sijunjung, dr. Reyantis Capanay didampingi Kabag TU RSUD Sijunjung, Eric Kurniawan, ST. MCio mengatakan hal itu sehubungan dengan upaya yang dilakukannya dalam meningkatkan pelayanan akhir akhir ini.

“Kita masih perlu memperkuat beberapa titik, karena masih ada kelemahan kelemahan pada beberapa titik tertentu secara sistem, jadi upaya yang kita lakukan terakhir ini membangun sistem yang pertama”.

Kabag TU RSUD Sijunjung, Eric Kurniawan, ST. MCio

“Kedua, kita menginginkan petugas kita di RSUD Sijunjung semua bekerja dengan hati. Bekerja dengan sepenuh hati, bekerja dengan ikhlas karena Allah dan profesional,  tidak takut kepada siapa siapa atau  pihak lainnya. Kita telah melakukan uji proses pada beberapa unit kerja yang ada, Alhamdulillah semua hasilnya bagus dan menggembirakan. Yang jadi tantangan kita di RSUD ini adalah pelayanan. Bila pelayanan itu lemah hancurlah kita semua disini. Pada hal RSUD Sijunjung punya motto “Kami Siap Melayani,”paparnya.

Dihadapan pasien, manajemen RSUD Sijunjung sampaikan pihaknya siap melayani, saat di bangunan gedung baru ruang bedah.

“Nah, dalam rangka mewujudkan Visi ” Menjadi Rumah Sakit Pilihan yang Dicintai Masyarakat dengan Pelayanan yang Unggul, Berkualitas, Ramah serta Senantiasa Mengutamakan Keselamatan Pasien. Salah satu dari lima misi, adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Profesional perlu selalu diaktualkan, maka kami selaku pihak manajemen tidak akan henti hentinya mengingatkannya kepada seluruh petugas kita disini,”imbuhnya.

Dalam mencapai SDM berkualitas dan profesional itu, pihak rumah sakit juga telah  mengadakan pendidikan dan latihan (Diklat) tentang Pelayanan Paripurna tahap pertama  yang intinya adalah bagaimana sesungguhnya melayani dengan hati.

“Jadi, kita berusaha lebih dahulu menyentuh hati petugas.  Sehingga mereka sadar dengan tugas tugasnya, sehingga dia kelak bekerja tidak takut dengan siapa siapa, melainkan dibalik keikhlasannya mendapat yang lebih berharga dari material duniawi yakni bernilai pahala dari Yang Maha Kuasa,”tambahnya.

“Tentunya, saya berharap kepada semua pihak untuk memberikan kontribusi demi terwujudnya visi RSUD Sijunjung yang bermotto KAMI SIAP MELAYANI,” harap Riyantis diamini Kabag TU RSUD Sijunjung, Eric Kurniawan, ST. MCio.

https://www.facebook.com/share/v/M3xwabfXfhsbiT1D/?mibextid=2JQ9oc

Bukan itu saja, untuk melayani masyarakat, Pemkab Sijunjung juga melanjutkan pembangunan gedung rawat inap kelas III. Anggarannya berasal dari APBD Sijunjung tahun 2023 dengan pagu dana sebesar Rp8 miliar.

Plt Kabid Penunjang RSUD Sijunjung, Jalinus,ST,MT

Plt Kabid Penunjang RSUD Sijunjung, Jalinus,ST,MT, membenarkan untuk lantai dasar dan lantai satu sudah siap. “Sudah bisa di operasionalkan,”ujar mantan staf Dinas PUPR Sijunjung itu.

Ia juga menyebutkan, sudah tersedianya gedung hemodialisa untuk pasien gagal ginjal. “Untuk layanan satu ini belum beroperasional, kini tengah dalam pengurusan izin ,”tambah putra asli Muaro Sijunjung itu.

Lanjutan pembangunan gudung Rawat Inap kelas tiga itu pun mendapat dukungan dan pengawasan dari Kejari Sijunjung. Meski belum diresmikan, namun gedung tersebut sudah bisa dimanfatkan masyarakat.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, mengapresiasi perubahan yang dilakukan RSUD Sijunjung dalam pelayanan.

Apalagi, diusia ke-12, diharapkan RSUD Sijunjung yang merupakan salah satu icon Kabupaten Sijunjung dapat memberikan yang terbaik.

“Diusia 12 tahun ini, diharapkan RSUD Sijunjung dapat memberikan inovasi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara baik,”harap Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si.

Ketua Forum Pelayanan Publik (F.Yanlik) Sijunjung, Saptarius, mengapresiasi adanya perubahan manajemen RSUD Sijunjung yang mulai membaik.

Saptarius, Ketua F.Yanlik Kabupaten Sijunjung

“Sejak kepemimpinan Direktur RSUD Sijunjung, dr.Riyantis Capanay, banyak perubahan yang telah dilakukan RSUD Sijunjung. Semoga kedepannya pelayanan kian ditingkatkan dengan penuh senyum dan sapa. Berikanlah yang terbaik pada masyarakat,”pinta Pemred Jurnalsumbar.Com itu.

Apalagi, kata Ketua F.Yanlik itu, RSUD Sijunjung sudah memiliki dokter spesialis, dokter umum dan lengkap dengan tenaga medis dan lainnya. Untuk itu diharapkan pelayanan di RSUD Sijunjung bisa ditingkatkan lagi.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here