Disaksikan Ketua TP PKK dan Bupati Sijunjung, Nagari Taratak Baru Dinilai

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Masuk lima besar Penilaian Kampung Keluarga Berkualitas dengan nilai tertinggi tingkat Provinsi Sumatera Barat. Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang dikunjungi tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat, pada Rabu 3 April 2024.

Kunjungan tim penilai yang beranggotakan Prof. DR. Nurhasansyah ( UNP), Syarifudin SH (DPPKB Prov Sumbar), Dra. Desra MM ( BKKBN Prov Sumbar), Dina Febriyanti SE MSi (Biro Kesra Prov Sumbar), dan Ramadani S.Si (BKKBN Prov Sumbar) ini disambut langsung oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa beserta kepala OPD terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Benny Dwifa mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat serta ucapkan terima kasih kepada Wali Nagari, Tim Pengurus Kampung KB dan mitra kerja terkait, atas terpilihnya Kampung KB Nagari Taratak Baru masuk nominasi 5 terbaik Kampung Keluarga Berkualitas di Tingkat Provinsi.

“Kampung KB merupakan sebuah program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui upaya pengendalian pertumbuhan penduduk, peningkatan kesehatan ibu dan anak, serta pemberdayaan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul,”ujarnya.

PERANTAU SIJUNJUNG

Keberhasilan dari Kampung Keluarga Berkualitas ini lanjut Benny tidak terlepas dari peran penting dari keterlibatan lintas sector, yang bersinergi dalam pengoptimalaan serta menciptakan Kampung Keluarga Berkualitas yang sesuai dengan cita-cita dan tujuan menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkualitas.

“Untuk itu saya ucapkan banyak terimakasih atas keseriusan dan dedikasi dalam keberhasilan Kampung Keluarga Berkualitas ini. Disamping keterlibatan lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan Kampung Keluarga Berkualitas, yang tidak kalah penting adalah peran dari Pokja Kampung Keluarga Berkualitas itu sendiri. Perlu orang – orang yang memang ada jiwa sosial yang tinggi karena kegiatan Kampung Keluarga Berkualitas tidak ada insentif atau honor bulanannya. Kita sangat mengapresiasi atas keikhlasan dan perjuangan yang telah diberikan,”tambah Benny.

Melalui penilaian tersebut Benny berharap dapat meningkatkan komitmen para pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terhadap Kampung Keluarga Berkualitas dan adanya peningkatan indeks pembangunan di desa/nagari tersebut.

Sementara itu tim penilai, Dra. Desra MM ( BKKBN Prov Sumbar) mengatakan bahwa kehadirannya bersama tim di Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung ini adalah dalam rangka verifikasi lapangan dan apresiasi Insan RDK.

“Setelah dilakukan penilaian profil Kampung Keluarga Berkualitas melalui website kampungkb.bkkbn.go.id, maka Nagari Taratak baru di Kabupaten Sijunjung terpilih menjadi 5 (lima) Kampung Keluarga Berkualitas dengan nilai tertinggi tingkat Provinsi
Sumatera Barat. Oleh karena itu kami hadir langsung di sini,”ujar Desra.

Pada kesempatan itu, BKKBN Provinsi Sumatera Barat juga menyerahkan DAK Non Fisik sebesar Rp. 3.488.220.000 yang diserahkan oleh Kepala BKKBN Provinsi Sumbar diwakili Dra. Desra MM (Ketua Pokja) dan diterima langsung Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir. andri

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.