Jawab Harapan Prabowo, Epyardi Ingin Ade Rizki Jadi Wakilnya

HLP

JURNAL SUMBAR | Padang – Teka-teki tentang wakil bakal calon (balon) Gubernur Sumbar, Epyardi Asda, mengerucut. Ia bahkan sudah menyebut nama orang yang ia inginkan untuk menjadi wakilnya.

Epyardi menyampaikan hal itu saat ditanya tentang tindak lanjut harapan Prabowo yang ingin Epyardi mengambil kader Gerindra sebagai wakil. Harapan itu disampaikan Prabowo ketika menyatakan dukungan kepada Epyardi untuk maju pada Pilkada Sumbar 2024 di sela-sela Rakornas PAN di Jakarta, Kamis (9/5/2024).

“Sebagai orang yang meminta (rekomendasi Gerindra), saya ikut arahan. Kalau perintah Pak Prabowo sebagai presiden terpilih wakil saya dari Gerindra, saya ikut. Yang penting orang itu politisi dan sudah sama-sama berjuang dengan kita,” ujar Epyardi sewaktu mendaftar sebagai balon gubernur di DPD Gerindra Sumbar, Jumat (17/5/2024).

idul adha

Meskipun begitu, kata Epyardi, pemilihan wakil tersebut ditentukan oleh koalisi partai pengusungnya. Ia dan partainya akan membicarakan hal itu bersama-sama dengan partai koalisi.

“Kan kami koalisi. Kalau Gerindra mendukung, Nasdem mendukung, Golkar mendukung, nanti kita duduk sama-sama. Saya yakin kalau ada arahan dari Gerindra, pilihan Gerindra itu yang akan diterima,” tuturnya.

Epyardi kemudian menyebut kriteria wakil yang ia cari, yaitu politisi yang sudah mengerti cara memimpin daerah, sudah dikenal masyarakat, dan berasal dari daerah pemilihan (dapil) II Sumbar.

Epi

“Saya terus terang mau minta Pak Ade Rezki untuk jadi wakil saya. Saya sudah minta kepada keluarganya. Kalau beliau mau, bagus sekali: di samping zona (dapil) terbagi, beliau juga anak muda, bisa menarik gen Z dan generasi milenial. Saya juga sudah kenal bagaimana karakter Ade Rezki karena kami pernah sama-sama di DPR,” ucap Epyardi.

Saat ditanya kalau bukan Ade Rezki, siapa lagi kader Gerindra yang akan jadi wakilnya, Epyardi mengatakan bahwa ia akan membicarakan hal itu dengan Gerindra. Yang jelas, ia berharap wakilnya dari Gerindra karena presiden terpilih, Prabowo, merupakan Ketua Umum Gerindra sehingga memudahkan koordinasi Pemprov Sumbar dengan pemerintah pusat dalam membangun Sumbar.

“Kalau wakil gubernur dari Gerindra, harapan kami beliau bisa menerobos semuanya. Saya yakin menteri dan kementerian akan manut (kepadanya). Saya lama di pusat, tiga periode jadi anggota DPR. Jadi, saya tahu bagaimana mekanismenya,” tutur Epyardi.

Sebagai informasi, Ade Rezki Putra merupakan kader Gerindra yang menjabat sebagai anggota DPR periode 2014-2019, 2019-2024, dan terpilih lagi pada periode 2024-2029.

Sebelumnya, di kantor DPW PAN Sumbar pada Sabtu (4/5/2025) Epyardi memberikan bocoran tentang wakil yang ia cari.

“Mengenai wakil saya, zonanya harus jelas. Saya dan Athari dari dapil 1. Karena itu, di dapil 1 sudah banyak orang yang mengenal saya. Mungkin di dapil 2 belum banyak yang mengenal saya. Jadi, wakil saya harus dari dapil 2,” tutur Epyardi. Athari Gauthi Ardi merupakan anak Epyardi yang menjadi anggota DPR RI dari Dapil 1 Sumbar periode 2019-2024 dan terpilih lagi untuk periode 2024-2029. (HA)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.