Rumah DataKu Nagari Taratak Baru Tanjung Gadang Sijunjung Dinilai Tim Verifikasi Nasional

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Menjadi Duta Sumatera Barat, dan lolos seleksi lima besar Tingkat Nasional, Rumah Dataku, Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, dikunjuni Tim Verifikasi Lapangan Apresiasi Insan Rumah Dataku Tingkat Nasional tahun 2024.

Kedatangan Tim verifikasi lapangan tingkat Nasional, beranggotakan, Lisna Prihantini, S.Psi, M.Psi dan ⁠Tamalia Rahmi Fitriani, SKM itu disambut oleh Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt., bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, S.T., M.,Eng., dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Sijunjung di Kantor Bupati setempat, pada Kamis (6 Juni 2024) sambil sarapan pagi.

“Selamat datang kami ucapkan kepada Tim Verifikasi Lapangan Tingkat Nasional di Kabupaten Sijunjung, Ranah Lansek Manih, Negeriku Tercinta,”ujar Wabup Iraddatillah

Wabup berharap kepada tim verifikasi lapangan agar memberikan penilaian yang terbaik.

“Jangan takut memberikan penilaian, kalau kurang bagus, bilang saja, tetapi kalau memang bagus tentu berikan yang terbaik yaitu juara I kepada kami,”canda Wabup Iraddatillah.

Setelah sarapan pagi, rombongan tim verifikasi menuju lapangan didampingi Bupati Sijunjung diwakili Asisten I, Aprizal, M.Si., dan beberapa orang kepala OPD langsung menuju Kampung Keluarga Berkualitas  Nagari Taratak Baru yang disambut Sekcam Tanjung Gadang beserta unsur forkopincam, Wali Nagari Taratak Baru dan Taratak Baru Utara, tokoh masyarakat serta kader KB Nagari Taratak Baru

Bupati Sijunjung yang diwakili Asisten I, Aprizal, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wali Nagari beserta perangkat, tim pengurus RDK Taratak Baru dan tim kerja atas terpilihnya Rumah DataKu Taratak Baru masuk nominasi 5 besar terbaik tingkat Nasional.

“Keberhasilan Rumah DataKu ini tidak terlepas dari peran penting dan keterlibatan lintas sektor  yang bersinergi dalam mengoptimalkan dan pemanfaatan data data yang ada untuk mewujutkan pembangunan nagari yang seauai dengan kebutuhan masyarakat di nagari,”ujarnya.

Asisten I, Aprizal mengatakan bahwa di Kabupaten Sijunjung ini sudah ada 37 Nagari yang memiliki Rumah DataKu dari 61 nagari dan 1 Desa  yang ada, atau lebih dari 50% Nagari di Kabupaten Sijunjung ini sudah memiliki Rumah Dataku.

“Mudah mudahan tahun depan semua nagari yang ada sudah memiliki Rumah DataKu, karena kami menyadari begitu besarnya manfaat dari Rumah DataKu ini,”ujar Aprizal.

Epi

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, ST, M.Eng menyampaikan apresiasi kepada Nagari Taratak Baru yang luar biasa dalam memberikan dukungan kepada pengurus Rumah DataKu.

“Saat ini Nagari Taratak Baru sudah bisa memanfaatkan semua data yang ada di RDK untuk menentukan program prioritas pembangunan nagarinya. Kepada Ketua RDK Taratak Baru yaitu Ibu Rahmi agar bisa menularkan ilmunya untuk RDK yang ada di kampung keluarga berkualitas di setiap nagari,”harap Fatmawati.

Tim verifikasi lapangan, Lisna Prihantini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Nagari Taratak Baru yang sukses masuk lima besar tingkat nasional serta mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh masyarakat Nagari Taratak Baru.

“Kami sangat mengapresiasi sekali kepada kader yang ekstra dalam bekerja sehingga bisa mengantarkan RDK Taratak Baru ke tingkat nasional. Rumah Data Kependudukan ini sangat penting dan diharapkan data yang dikumpulkan oleh kader ini bisa bermanfaat bagi masyarakat hendaknya,”harapnya.

Lisna mengatakan, bahwa kehadirannya di Nagari Taratak Baru tersebut untuk melihat langsung data dan hasil yang telah disampaikan oleh RDK Taratak Baru melalui ekspose secara zoom miting oleh Ketua RDK, Rahmi.

“Mudah mudahan ril yang kami terima dengan yang kami lihat dilapangan hendaknya. Kami akan menilai sebaik baiknya, semoga hasilnya terbaik bagi kita semua hendaknya,”harap Lisna

Kepala Dinas Dalduk KB Kabupaten Sijunjung, Roni Satria S.STP., M.Si., didampingi Sekretaris Dinas Hendri Nurka S.Sos., M.Si , mengatakan, bahwa Rumah Data Kependudukan Nagari Taratak Baru Kecamatan Tanjung Gadang meraih juara pertama pada penilaian apresiasi insan rumah data kependudukan BKKBN tingkat provinsi Sumbar tahun 2024, dan hari ini dinilai untuk lomba RDK Tingkat Nasional mewakili Propinsi Sumbar,

“Kita berharap nantinya RDK Taratak Baru akan menjadi terbaik  I ditingkat Nasional,”harap Roni.

Lebih lanjut Roni satria mengatakan, Prestasi lain adalah bidang Bina keluarga Balita (BKB),BKB Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari juga masuk nominasi tiga Besar tingkat Propinsi Sumatera Barat.

“Alhamdulillah BKB Edelweis Mundam Sakti ini juga meraih juara I Tingkat Sumbar  serta pada bidang Satyagatra Kabupaten Sijunjung juga meraih Juara I yang diraih oleh Sadewa yang merupakan Pusat pelayanan keluarga sejahtera (PPKS) balai penyuluh Sumpur kudus. Ini semua berkat dukungan penuh Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung beserta seluruh perangkat daerah yang secara terintegrasi dan berkolaborasi mendukung berbagai program bangga kencana yang kita laksanakan,”tambah Roni.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Kepala perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Barat beserta jajaran yang selalu melakukan pembinaan secara kontinyu dan memberikan berbagai apresiasi kepada kabupaten Sijunjung tahun 2024 ini,”tambahHendri Nurka.andi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.