Sukses, Meski Diguyur Hujan Lebat, Tahapan Pilkada 2024 Resmi Diluncurkan KPU Sijunjung

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tak bisa dipungkiri, setidaknya ada ribuan orang memadati Jalan Jenderal Sudirman, Simpang Tugu, Muaro Sijunjung, Sumatera Barat, pada Minggu, 7 Juli 2024 malam menyaksikan peluncuran tahapan Pilkada 2024.

Derasnya hujan yang mengiringi peluncuran tahapan Pilkada Kabupaten Sijunjung tahun 2024 bersama KPU Kabupaten Sijunjung itu, seakan tak menyurutkan antusiasme pengunjung yang sejak sore telah hadir di lokasi acara.

Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah serta Ketua KPU, Dori Kurniadi bersama Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Bayu Agung Perdana, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Susila Andica juga hadir diacara yang meriah itu.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Juni Wandri dan Ketua Divisi Perencanaan Data dan Indormasi, Ria Meilani dalam hitungan mundur secara resmi meluncurkan tahapan Pilkada 2024 diiringi percikan kembang api yang menghiasi langit Muaro Sijunjung “Kota Pertemuan” bersemarak.

“Kabupaten Sijunjung termasuk berhasil dalam pelaksanaan Pemilu lalu, dengan partisipasi pemilih diatas 80 persen,”kata komisioner KPU Propinsi Sumbar dalam sambutannya.

“Untuk itu marilah kita menggunakan hak pilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan tanggal 27 November 2024. Namun sebelumnya, kita ikuti dulu Pemilihan Suara Ulang (PSU) pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2024, untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI,” lanjutnya.

Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Dori Kurniadi menyebut kegiatan itu merupakan peluncuran tahapan pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Kami sangat berharap dukungan dari semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, aparat keamanan TNI/ POLRI, tokoh agama, tokoh masyarakat, Insan pers, serta semua pihak untuk dapat mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada,” katanya.

“Untuk itu, kami berharap kita tetap menjalin kerja sama serta keterlibatan masyarakat untuk partisipasinya agar Pilkada 2024 terlaksana dengan baik nantinya,” lanjut Dori.

Epi

Dikatakan Ketua KPU, selain melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati tentu nanti juga dilaksanakan yaitu pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Pihaknya akan semaksimal mungkin dan mengoptimalkan kerja-kerja KPU untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

“Tahapan pendaftaran pencalonan dimulai pada 27-29 Agustus 2024 dan dilanjutkan tahapan pelaksanaan kampanye pada 25 September 2024 sampai 23 November 2024, kemudian puncak dari tahapan ini pada 27 november 2024,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah berharap partisipasi masyarakat meningkat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Target kita partisipasi masyarakat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, semakin tinggi partisipasi masyarakat semakin tinggi pula kualitas demokrasi di Ranah Lansek Manih,” tuturnya.

Ia mengajak semua pihak memperkuat komitmen dan menyamakan persepsi dalam menyukseskan pesta demokrasi September nanti.

“Seluruh stakeholder perlu memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara Pilkada, sehingga Pilkada serentak di Kabupaten Sijunjung tetap aman dan kondusif,” ungkap Wabup.

“Kita berharap tidak terjadi konflik selama Pilkada, ini harus kita jaga bersama. Pada rekan-rekan KPU bekerjalah berpedoman pada ketentuan yang ada, jujur adil dan berintegritas,” pungkasnya.

Peluncuran tahapan Pilkada 2024 Kabupaten Sijunjung turut dimeriahkan oleh grup yang tengah viral “Darak Badarak” dari Kota Pariaman dan dipandu oleh MC kenamaan Okta bersama Gema dari Kota “Bingkuang”  Padang.ag/dik/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.