Ingin Sumbar Berubah, Tokoh Masyarakat Sawahlunto Dukung Epyardi Jadi Gubernur

JURNAL SUMBAR |Sawahlunto – Tokoh Masyarakat Sawahlunto, Dasrial Ery, menginginkan perubahan yang lebih baik untuk Sumatera Barat (Sumbar). Menurutnya, sosok yang tepat untuk melakukan perubahan tersebut ialah Epyardi Asda.

Dasrial mengatakan bahwa Epyardi memiliki kapasitas yang mumpuni untuk memimpin Sumbar karena punya jaringan kuat di pusat, baik dengan pemerintah maupun dengan investor, untuk memajukan pembangunan Sumbar.

“Akan banyak program pro rakyat dari Pak Epyardi sehingga masyarakat lebih sejahtera,” katanya dalam kunjungan Epyardi ke Sawahlunto, Rabu (16/10/2024).

Dasrial menyebut bahwa Epyardi tulus ingin menghabiskan sisa hidupnya untuk menjadikan Sumbar lebih baik daripada kondisi hari ini. Ia mengajak masyarakat Sawahlunto untuk membantu mewujudkan niat baik Epyardi tersebut dengan cara memilihnya sebagai gubernur.

“Banyak yang harus dibenahi di Sumbar. Lihat saja jalan provinsi, banyak yang rusak hingga persoalan lainya. Saatnya Sumbar berubah dengan pemimpin yang baru,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Sawahlunto lainnya, Deri Asta, mengatakan bahwa Epyardi memiliki akses yang terbuka dengan pemerintah pusat sebab kenal dengan banyak menteri karena Epyardi menjadi anggota DPR tiga periode.

“Nanti juga banyak investor yang datang ke Sumbar karena Pak Epyardi punya jaringan yang luas dengan investor sebab beliau juga pengusaha,” tutur calon Wali Kota Sawahlunto itu.

OTW 2

Deri mengatakan bahwa jika jadi gubernur, Epyardi melalui dana APBD Sumbar akan memberikan bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian), bibit, hingga penunjang produksi lainya untuk masyarakat Sawahlunto. Selain itu, kata Deri, pembangunan jalan-jalan tani merupakan program prioritas Epyardi.

Membangun Sawahlunto, kata Dasrial, harus dilakukan secara bersama dengan koordinasi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kota. Ia mengajak masyarakat Sawahlunto untuk mewujudkan perubahan Sumbar dan Sawalunto yang lebih baik.

Kunjungan Epyardi ke Sawahlunto disambut oleh hampir seribu warga di kawasan museum Kereta Api Sawahlunto. Mereka menyuarakan harapan akan perubahan hingga aspirasi-aspirasi lainnya kepada Epyardi.

Sementara itu, Epyardi di hadapan masyarakat Sawalunto mengatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ialah infrastruktur yang layak. Karena itu, pembenahan infrastruktur merupakan target kerja jangka pendeknya jika menjadi gubernur. Ia akan memperbaiki jalan-jalan provinsi yang rusak untuk kelancaran akses masyarakat.

“Kami juga akan memperbaiki irigasi, yang banyak tidak berfungsi pada saat sekarang. Bagaimana hasil produksi pertanian meningkat jika irigasi rusak. Persoalan ini akan menjadi perhatian khusus kami,” tutur mantan anggota DPR tiga periode itu.

Untuk mewujudkan infrastruktur yang layak, kata Epyardi, pihaknya akan berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Ia mengatakan bahwa anaknya yang anggota DPR di Komisi V, yang membidangi infrastruktur, Athari Gauthi, juga akan membantu pembangunan infrastruktur fisik Sumbar.

Selain itu, kata Epyardi, peningkatan sumber daya manusia (SDM) masuk sasaran prioritas yang harus pihaknya wujudkan. Ia melihat banyak anak yang susah untuk bersekolah karena berbagai faktor, salah satunya keterbatasan ekonomi.

“Kami punya program seragam gratis dan bebas uang komite. Kami juga akan memberikan banyak beasiswa untuk meningkatkan SDM Sumbar. (Adib)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.