Pemkab Sijunjung Sosialisasikan Pengelolaan dan Pengurangan Sampah 3R

913
Bupati Yuswir Arifin tandatangani MoU pelaksanaan GPS 3R. poto: Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) menyelenggarakan sosialisasi pengelolaan sampah dan pencanangan gerakan pengurangan sampah reduce, reuse dan recycle (GPS 3R).

Penandatanganan kesepakatan bersama pelaksanaan GPS 3R itu dilaksanakan di ruang operasional Kantor Bupati Sijunjung, Selasa (31/ 10/2017). Acara yang dibuka oleh Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin itu dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung Ria Arrival Boy, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Sijunjung dan undangan lainnya.

“Marilah kita semua mulai GPS 3R ini dengan hal-hal kecil dan sederhana seperti tidak membuang puntung rokok atau bungkus permen ke sembarangan tempat, serta diharapkan kepada masing – masing OPD menyediakan tempat sampah sesuai dengan volume sampah yang dihasilkan,” kata bupati.

Disebutkan, kepada camat dan TP.PKK Kecamatan untuk dapat menindaklanjuti dan melaksanakan sosialisasi pengelolaan sampah kepada nagari dan masyarakat serta menjadikan GPS 3R nyata di masing – masing kecamatan.

Kadis Perkim-LH, Khairal menyampaikan dalam laporannya, bahwa tujuan dilaksanakan nya sosialisasi ini agar semua masyarakat serta OPD bersama sama berpartisipasi dalam pengelolaan sampah melalui GPS 3R ini.

Kadis Perkim-LH menjelaskan bahwa acara sosialisasi ini dilaksanakan satu hari, peserta terdiri dari Staf Ahli, Asisten dan Kabag di Lingkup Setdakab, Seluruh OPD, Camat, TP.PKK Kabupaten dan Kecamatan, dan Forum Kabupaten Sijunjung Sehat, serta Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Perkim LH Kabupaten Sijunjung.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan MoU (Penandatanganan Kesepakatan Bersama) Pelaksana GPS 3R antara dinas Perkim LH dengan TP PKK Kabupaten Sijunjung dan Forum Kabupaten Sehat, serta diketahui oleh Bupati Sijunjung. Rilis Andi