TdS Etape 8, Pebalap Iran “Khalil” Rebut Puncak Klasemen

729

JURNAL SUMBAR | Agam – Pebalap Inggris, Daniel Whithouse gagal pertahankan puncak klasemen sementara di etape 8 Tour De Singkarak. Posisinya digeser pebalap Iran, Khalil Khorsid naik sebagai pemuncak klasemen setelah berhasil menyelesaikan etape 8 dengan finish di posisi pertama.

Kemenangan pebalap asal tim Tabriz Shahrdary itu memaksa pembalap asal Inggris Daniel Whithouse turun ke posisi 2 dengan jarak waktu 48 detik.

Sedangkan klasemen urutan tiga masih dipertahankan Yonnatta Alejandro Qinhai Tianyoide Cycling Team asal Venezuela dengan jarak 9 menit 18 detik dari Daniel.

Etape 9 besok, Minggu (26/11) merupakan etape terakhir yang akan dilalui pebalap dari Lubuk Sikaping ke Bukittinggi. Etape tersebut adalah etape penentuan antara Khalil Khorsid dan Daniel Whaithouse.

Apakah Khalil tetap bisa mempertahankan di posisi pertama, atau Daniel yang mampu sebagai pemuncak. Etape 9 adalah etape yang mendebarkan sebab jarak waktu keduanya tipis sekali dan penentuan sebagai pemenang TdS 2017.

Hasil etape 8 finish posisi 2 Wilmar Jahir asal Kolombia dari tim Sapura. Sedangkan, podium ketiga juga diraih oleh Sapura dari Malaysia Victor Nino Corredor.

Sementara itu peraih red and white jersey sebagai pebalap Indonesia terbaik masih diraih oleh Jamal Hibattulah. Pebalap asal Sumedang ini berhasil finish nomor enam. Klasemen sementaranya juga urutan 6. Kondisi tersebut sangat tidak memungkinkan Jamal mengejar masuk 3 besar karena etape cuma tinggal sekali lagi.

Etape 8 menempuh jarak 135, 2 kilometer dari puncak Anai Padang Pariaman pukul 10.00 WIB, berakhir pukul 13.37 WIb di Embun Pagi. erka