Antisipasi Pengangguran, Dinas Nakertrans Sijunjung Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

798

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi bagi calon tenaga kerja yang produktif bagi masyarakat pengangguran dan setengah menganggur di Nagari/ Desa di Kabupaten Sijunjung di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa (30/1).

Acara yang dibuka Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Yusnidarti, SH, MM, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat yang mewakili Dedi Putra, ST , Kepala BLKI Padang Afridalmon, MPd, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Sijunjung dan undangan lainnya.

Wabup Arrival Boy dalam sambutannya mengharapkan kepada peserta melalui pelatihan ini sangat dituntut memiliki energi, talenta dan kreatifitas untuk membangun perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mampu menjadi agen dalan menciptakan pondasi perekonomian di masa yang akan datang.

Wabup juga berharap melalui pelatihan ini generasi muda yang ada di Nagari/Desa mampu menyamakan persepsi, pemahaman, motivasi dan kreatifitas dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru, serta diharapkan kepada peserta untuk betul betul dan bersungguh sungguh, disiplin dan serius mengikuti pelatihan dari instruktur nantinya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung Riki Mainaldi Neri, SSTP. M. Si menyampaikan dalam laporannya bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menciptakan tenaga kerja baru yang handal, mandiri, dan mampu bersaing dengan pangsa pasar tenaga kerja yang ada pada perusahaan.

Kadis menambahkan peserta dari pelatihan Kompetensi untuk tahun 2018 ini berjumlah sebanyak 752 orang yang terbagi menjadi 47 paket,30 paket dari dana APBN dan 17 Paket dari dana APBD Kabupaten Sijunjung.

Pelatihan yang dilaksanakan untuk tahap awal ini yaitu 8 peket terdiri dari 6 paket dari dana APBN dan 2 Paket dari dana APBD Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 128 Orang

Pelatihan yang dilaksanakan di BLK Kabupaten Sijunjung yang berasal dari dana APBN ini yaitu, Pelatihan Menjahit sebanyak 2 paket yang dilaksanakan selama 45 hari, Pelatihan Teknisi HP sebanyak 1 paket dilaksanakan selama 35 hari, pelatihan sepeda motor 1 paket dilaksanakan selama 30 Hari, pelatihan instalasi listrik 1 paket dilaksanakan selama 35 hari dan pelatihan Drafter 1 paket yang dilaksanakan 30 hari.

Pelatihan yang berasal dari dana APBD yaitu pelatihan menjahit satu paket dilaksanakan di Nagari Palangki selama 30 hari dan pelatihan tata boga satu paket yang dilaksanakan di Nagari Mundam Sakti Kecamatam IV Nagari selama 30 hari.

Instruktur dari pelatihan ini berasal dari tenaga profesional dari Provinsi Sumatera Barat dan dari Kabupaten Sijunjung, serta acara ini juga ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Wabup Arrival Boy kepada perwakilan. Andri Kampai