Kampung Jalamu Wakili Pessel Ikuti Lomba Pos Kamling Tingkat Polda Sumbar

456

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pembinaan dari pihak Walinagari IV Koto Hilie Batang Kapas, Polsek Batang Kapas, Satbimas Polres Pessel, serta dukungan masyarakat di Nagari tersebut, Pos Kamling Nagari IV Koto Hilie Batang Kapas wakili Pessel pada lomba Pos Kamling dan Kamtibnas Tingkat Polda Sumbar.

Dalam penilaian Pos Kamling dan Kamtibnas, Pos Kamling Kampung Jalamu Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas mampu tampil sebagai Juara I lomba Pos Kamling dan Kamtibnas Tingkat Polsek yang diadakan Satbimas Polres Pessel.

Tim penilaian Pos Kamling dan Kamtibnas Dirbimas Polda Sumbar Kombes Pol Nasrun Fahmi, SH, M.Si beserta rombongan, didampingi Kasat Bimas Polres Pessel AKP. Gusfriandi turun ke Jalamu.

Walinagari IV Koto, Satria Dharma Putra mengatakan, ini suatu kebanggaan bagi nagarinya bisa mewakili Polres Pessel maju pada lomba Pos Kamling dan Kamtibnas tingkat Polda.

Kedepan, pihak akan mendirikan pos kamling di setiap kampung. Ada enam kampung di Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas. “Ini harus ditingkatkan, dan menjadi contoh bagi pos-pos kamling lainya,” tegasnya.

Berlokasi di Kantor BKPM, DirBimas Polda Sumbar, Kombes Pol Nasrun Fahmi, SH, M.Si beserta rombongan, didampingi Kasat Bimas Polres Pessel AKP. Gusfriandi memberikan arahan dan harapan supaya di masing-masing nagari harus ada FKPM yang mana struktur organisasinya terdiri dari Walinagari, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan unsur tokoh masyarakat.

“Tugas FKPM menyelesaikan kasus Tipiring dan masalah lainnya,” sebut Narsrun Fahmi.

Selain itu, tambahnya, Bhabinkamtibmas harus sejalan dengan Bhabinsa dan walinagari, dan tanggap dengan permasalah yang ada di wilayahnya.

“Harus aktif turun ke lapangan dan tatap muka dengan masyarakat menanyakan keluhan yang ada di wilayahnya dan Bhabinkamtibmas harus ada terobosan,” tegasnya.

Adapun yang dinilai oleh tim penilai adalah, adanya rumah aman, adanya Polcil yang dilatih oleh Bhabinkamtibmas, ada Saka Bhayangkara dilatih Bhanbinkamtibmas, Pos Kamling, FKPM, BKPM dan ada plang Nagari Aman. (Rega Desfinal)