Tim SAR dan BPBD Bantu Pencarian Korban Perahu Karam di Batang Ombilin

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Setelah sempat terhenti lantaran larut malam, Rabu (4/7/2018) pagi pencarian terhadap korban Dasril alias Dobin, 45 tahun warga Sungai Gemiri yang menjadi korban tenggelamnya perahu di Sungai Batang Ombilin Pulsu Basuang, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, kembali dilanjutkan.

Bahkan pagi ini Tim SAR (Search And Rescue) yang di Ketuai Tim Basarnas Padang Wahyu Hidayat dan Ketua Tim BPBD Kabupaten Sijunjung Arnoflis turun langsung membantu pencarian korban bersama Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung dan warga setempat.

“Alhamdulillah, pagi ini Tim SAR dari Padang sudah tiba dilokasi untuk membantu pencarian korban,” kata Syamsul Bahri Sekretaris Nagari Padang Laweh kepada awak media, Rabu (4/7/2018).

Hal serupa juga dibenarkan Kapolsek Koto VII, AKP Suyanto,SH. “Ya, Tim SAR juga sudah kelokasi untuk membantu pencarian korban. Dan anggota kita dari Polsek juga sudah kelokasi dan saya lagi di Mapolres sebentar lagi juga ke TKP,” ucap Suyanto.

Terlihat belasan Tim SAR dan BPBD Sijunjung dan anggota Polres Sijunjung dan warga sudah memadati pinggiran sungai Batang Ombilin. Mereka sudah mulai melakukan penyisiran menggunakan perahu karet milik Tim SAR Padang dan BPBD Sijunjung.

Seperti dilaporkan sebelumnya, bahwa hingga Selasa (3/7/2018) malam pukul 20.17 WIB, aparat kepolisian Polsek Koto VII beserta BPBD Sijunjung dan warga masih melakukan penyisiran. Malah Wabup Sijunjung Arrival Boy dan Kapolsek Koto VII, AKP Suyanto,SH, turut serta menyisir sungai.

“Namun hingga kini korban Dasril alias Dobin belum juga ketemu. Sedangkan empat korban lainnya sudah berhasil diselamatkan warga atas hantaman arus terhadap perahu para korban itu,” kata Wabup Arrival Boy dan Kapolsek Koto VII, AKP Suyanto,SH secara terpisah, Selasa (3/7/2018) malam.

Epi

Kelima warga yang menjadi korban arus Sungai Batang Ombilin Pulsu Basung, Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat itu adalah, Baktri panggilan Pondok, 56 tahun, Jumaidi alias Ijum, 45 tahun, Sicuk, 43 tahun, dan Widaya,15 tahun semuanya warga Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII, yang selamat.

Sedangkan korban Dasril panggilan Dombin, 45 tahun, Tobo, warga Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, hingga kini korban belum di temukan.

Kejadian itu berawal sekitar pukul 16.00 WIB, korban Dasri alis Dombin beserta 4 orang lainnya hendak pulang kerumah sehabis panen padi orang lain dengan mengunakan perahu dayung. Setelah berjalan di Sungai Batang Ombilin sekitar 10 meter, perahu dayung tersebut terbalik dihantam arus sungai.

Empat orang korban selamat berpegangan pada perpohonon yang ada dipinggir sungai dan akhirnya dapat selamat. Sayangnya, korban Dombin tak terselamakan bahkan sampai saat ini belum ditemukam.

“Selanjutnya 4 orang yang selamat di bawa ke Puskesmas Padang Laweh untuk di lakukan perawatan,” terang kapolsek.

Karena hari larut malam dan arus cukup deras, akhirnya pencarian korban dihentikan. Direncanakan esok Rabu (4/7/2018) pencarian korban dilanjutkan. Kesepakatan penghentian pencarian korban tersebut setelah adanya saling berkoordinasi dengan pemerintahan nagari dengan BPBD Kabupaten Sijunjung dan juga bersepakat mencari korban bersama masyarakat esok hari.

“Itu hasil kesepakatan bersama pencarian dilanjutkan besok pagi (Rabu-red), karna air cukup deras dan hari sudah malam,” tambah kapolsek. Saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.