Akreditasi Prodi S2 Pendidikan Dasar, FIP UNP Divisitasi Dua Asesor BAN PT

840

JURNAL SUMBAR | Padang – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang menerima visitasi dua asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Senin (14/8/2017). Visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi S-2 Pendidikan Dasar FIP UNP.

Kedatangan asesor BAN-PT itu diwakili oleh Dr. Udik Budi Wibowo (UNY), M.Pd dan Dr. Fahrurrozi, M.Pd (UNJ). Tak tanggung-tangung, tim asesor diterima langsung oleh Rektor UNP, Prof Ganefri, Phd dan Dekan FIP, Dr Alwen Bentri serta jajaran pimpinan civitas akademika FIP UNP serta Ketua LP2M, Prof Rusdinal.

Rektor UNP, Prof Ganefri mengatakan, FIP UNP sebagai fakultas tertua di UNP, termasuk fakultas yang cukup produktif. Hal itu dapat dilihat dari 15 Prodi Kelas Internasional yang dibuka tahun ini dua diantaranya Prodi yang ada di FIP UNP yakni, Prodi Bimbingan Konseling dan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Selain itu, Ganefri mengungkapkan, dengan adanya Prodi S2 Pendidikan Dasar dibawah pengelolaan fakultas FIP diharapkan dapat memecahkan masalah bidang pendidikan dasar melalui penelitian dan pengembangan dan penerapanhasil penelitian dalam kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat lebih baik lagi dimasa mendatang.

Sementara itu, Dekan FIP UNP, Alwen Bentri menjelaskan dengan adanya Prodi S2 Pendidikan Dasar yang telah terakreditasi B, kompetensi khusus yang diberikan antara lain, pertama pengembangan desain pembelajaran atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dasar,. Kedua adalah pelaksanaan penelitian dan penyusunan tesis secara inter atau multidisipliner dan ketiga, mampu menyusun dan menvalidasi instrumen yang kreatif dan inovatif, hingga penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar secara inter atau multidisipliner.

Dikatakannya, beberapa waktu yang lalu telah FIP UNp telah Prodi S2 Pendidikan Dasar mengajukan re-akreditasi kepada BAN PT. Setelah dilakukan desk evaluation, akhinya BAN PT mengutus asesor untuk melakukan penilaian lapangan (field assessment). Kegiatan visitasi diawali dengan pencermatan borang insitusi/borang pascasarjana.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Fahrurrozi yang kebetulan merupakan alumni FIP UNP mengapresiasi kesiapan borang akreditasi. Semoga proses verifikasi yang berjalan lancar dan mendapatkan nilai yang terbaik dan meraih predikat A. (Humas UNP/Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here