Serasa di Bali, Wisatawan Nyaman Berlama-lama di Pantai Labuang Baruak Batang Kapas

1111

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kabupaten Pesisir Selatan punya banyak destinasi wisata baru yang siap memanjakan wisatawan. Salah satunya adalah objek wisata pantai di Kampung Labuang Baruak, Nagari Koto Nan Duo, Kecamatan Batangkapas.

Objek wisata ini baru mulai berkembang, dan dikelola masyarakat untuk bisa menjadi objek wisata yang elok saat dikunjungi pengujung.

Pantai Labuang Baruak sendiri berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kecamatan Batangkapas. Untuk memasuki objek wisata Labuang Baruak, ada dua alternatif transportasi, yaitu menggunakan jalur darat dan jalur laut.

Jika menggunakan boat atau perahu, bisa masuk dari pantai Taluak Kasai atau Sungai Bungin dengan lama perjalanan 15-20 menit, dan jika melalui darat akan memakan waktu cukup lama karena akses jalan yang kurang memadai.

Camat Batang Kapas Wendra Rovikto berharap dukungan semua pihak untuk pengembangan wisata Labuang Baruak ini.

“Sekarang sudah ada tempat duduk pengunjung sebanyak 12 pondok keluarga. Selain kedai-kedai kecil juga ada tempat belanja pengunjung. Kalau datang ke Labuang Baruak serasa di Bali,” terangnya.

Menurutnya, selain memiliki spot yang indah, Labuang Baruak juga memiliki cerita legenda masyarakat seperti Batu Baruak dan Batu Nago atau Bati Naga. Konon, Batu-batu sudah dianggap sebagai legenda tentang asal usul daerah setempat.

Jika pengujung ingin pergi ke Labuang Baruak, lokasi masuk pertama yang dituju di antaranya simpang SMAN 1 Batangkapas (bisa dari arah Painan ataupun Sutera) lintas nasional. Selepas itu, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan di sekitar lokasi pertama untuk sampai ke lokasi pantai Labuang Baruak.

Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni dalam kesibukannya juga menyempatkan diri datang ke objek wisata ini. Ia menyempatkan diri megelilingi laut mengunakan boat melihat keindahan Labuang Baruak dan Batu Nago, serta menikmati hidangan makanan khas kampung yang disuguhkan masyarakat kampuang Labuang Baruak.

“Sambalado asam dan sayua labu masakan khas kampuang Labuang Baruak,” ucap Hendrajoni

Dikatakan Hendrajoni, Pemerintah Daerah juga akan segera membangun infrastruktur dan jalan menuju Labuang Baruak.

Objek wisata ini belum begitu populer. Namun Pantai Labuang Baruak sebagai destinasi wisata, memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pasirnya yang putih sampai ekosistem laut yang terjaga, sehingga bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. (Rega Desfinal)