Dandim 0310/SS Ajak Masyarakat Sijunjung Lakukan Penghijauan

716

Jurnal Sumbar | Sijunjung – Untuk mencegah terjadinya erosi dan longsor, Dandim 0310/SS (Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya) Letkol Inf Irvan Yusri, SIP, mengajak dan menghimbau masyarakat untuk melakukan penghijauan dengan menanam pohon keras yang bermanfaat.

Tak hanya sekedar ajakan, tapi Dandim 0310/SS (Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya) Letkol Inf Irvan Yusri, SIP, itu juga langsung memberikan contoh dengan karya baktinya menanam ratusan pohon kayu keras pada Junat (25/1/2019).

“Penghijauan tersebut kita laksanakan disepanjang jalan lintas sumatera (Jalinsum) di Kecamatan IV Nagari pada Jumat (25/1/2019) kemarin. Ada sebanyak 127 batang pohon keras yang kita tanam. Dengan adanya penanaman pohon ini diharapkan bisa mencegah erosi dan tanah longsor,”kata Dandim 0310/SS (Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya) Letkol Inf Irvan Yusri, SIP, pada awak media Minggu (27/1/2019).

“Penghijauan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga ekosistem lingkungan hidup. “Penghijauan ini disamping dalam rangka mengantisipasi dampak pemanasan global, juga mengantisipasi terjadinya longsor,”ujarnya.

“Tanaman yang kita tanam sebagian besar berjenis buah-buahan agar hasilnya nati dapat dinikmati masyarakat,” tegas Letkol Inf Irvan Yusri itu.

“Semoga kesadaran seluruh elemen masyarakat sekitar dapat termotivasi dengan melakukan hal-hal yang positif seperti penghijauan ini, “pungkasnya.

Selain melibatkan para serdadu TNI, penanaman sebanyak 127 batang pohon berbagai jenis itu juga diikuti Polri, ASN, dan masyarakat dan dilaksanakan setiap jumat.

Ada pun jenis pohon yang di tanam tersebut, yakni jenis kayu Mahoni sebanyak 50 batang, Matoa, 25 batang, Petai 15 batang, Lansek 10 batang, kayu Sungkai 15 batang dan tanaman Durian sebantak 12 batang. (saptarius)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here