Ema Yohanna Dorong Anggota IWAPI Sumbar Gerakan UMKM

1636

JURNAL SUMBAR | Padang — Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sumatera Barat, Emma Yohana mendorong perempuan menggerakan perekonomian di Sumatera Barat, khusunya anggota dan anggota muda IWAPI yang memiliki semangat kreativ sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UKMK).

Salah satunya dengan melaksanakan Seminar dan Talkshow Ekonomi yang menghadirkan pembicara Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD dan Ketua Umum IWAPI Pusat, Nita Yudi MBA adalah Dr Hendri Saparini, Komisaris Utama PT Telkom.

Hal itu seiring dengan bertumbuh berkembangnya teknologi digital. “Jejaring dapat dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi berbasis digital, yang tidak mampu menguasai teknologi akan jauh tertinggal”, ujar Emma Yohanna saat memberikan sambutan pada seminar itu di Hospitality UNP, Rabu (30/1).

Sebagai bentuk komitmen untuk bersama-sama memajukan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) khususnya di Sumbar, IWAPI yang dipimpin Emma Yohanna berkeinginan memajukan usaha kecil menengah ditengah era digital saat ini.

“Melalui seminar dan talkshow paling tidak meng-upgrade pengetahuan ibu ibu dalam usaha meraup profit lebih banyak menghadapi ekonomi tahun 2019. Kami juga mengajak calon angota muda untuk ikutan di Seminar dan Talkshow ini”, ujar Emma, yang anggota DPD-RI itu.

Lebih jauh Emma Yohanna mengatakan UMKM harus berbenah diri dengan melakukan pembenahan disisi sumber daya manusia agar kompeten dan mampu mengikuti perkembangan zaman di era digitalisasi dan hak pekerja seperti upah dan jaminan sosial menjadi hal penting untuk melindungi pekerja agar dapat meningkat produktifitasnya Pemasaran produk dan jasa mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman, era digital ini membuat tidak ada batasan lagi untuk memasarkan produk dan jasa.

Ada produk dan jasa yang akan tergerus dan mati di era digitalisasi ini, tapi disisi lain akan tumbuh bisnis dan pekerjaan lain yang juga memberi harapan dan kesempatan kerja bagi banyak orang. Kompetensi dan jaminan sosial yang adil adalah dua hal yang akan mampu membawa UMKM bersaing dipasar domestic dan global. (Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here