Musrenbang Nagari Batu Basa, Wabup Zuldafri: Seimbangkan Fisik dan Non Fisik

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Kegiatan fisik dan non fisik diusulkan masyarakat cukup banyak. Untuk itu semua program dan kegiatan diusulkan tentu diseleksi sesuai skala prioritas untuk dilaksanakan di nagari.

Demikian dikemukan Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, Kamis (07/02) dalam musrenbang Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan dalam pengusulan tahun 2019 dan tahun 2020 di kantor Wali Nagari Batu Basa.

Wabup Zuldafri meminta program kegiatan fisik dan non fisik harus mendapat perhatian khusus sehingga aktivitas pembangunan di nagari dirasakan masyarakat secara adil.

“Pembangunan fisik dapat dinikmati masyarakat,sedangkan non fisik tidak dapat dirasakan masyarkat secara langsung,tetapi dapat menopang kemajuan pembangunan nagari itu sendiri,” kata Wabup.

PERANTAU SIJUNJUNG

Seterusnya, anggota DPRD Tanah Datar Rasman Datuak Mudo mengharapkan rancangan  pembangunan di nagari hendaknya seimbang antara fisik dan nonfisik dengan peningkatan SDM (sumber daya manusia).

Guna meningkatkan pembangunan nagari, jelas Rasman, selaku anggota Dewan ia telah memberikan dana pokok pikiran (Pokir) sebesar Rp1,7 miliar untuk rehabilitasi masjid dan mushalla. ” Insha Allah pembangunan rumah ibadah ini bisa meningkatkan iman dan ketaqwaan ummat kepada Allah Azza Wajalla,” tutur Politisi Partai NasDem itu.

Wali Nagari Batu Basa Jalinus menambahkan, beberapa rencana program pembangunan nagari mencakup,pembangunan drainase, rabat beton bahu jalan, pembukaan dan pengaspalan jalan nagari dan rehab mushalla.

“Kebutuhan masyarakat sudah diakomodir skala prioritas,” sebut Jalinus.

Dikatakan, pembangunan Nagari Batu Basa yang  diusulkan dalam Musrenbang tahun 2019 mencapai Rp14 miliar lebih dan diprioritaskan pada bidang ekonomi, sebesar Rp 5,5 miliar lebih, sarana dan prasarana Rp 4.050 miliar dan sosial budaya Rp 5 miliar. (habede)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.