Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa S2 UNP Kuliah Umum dengan Mantan Rektor UNY

JURNAL SUMBAR | Padang — Seratusan mahasiswa program megister (S2) Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam pendidikan era Revolusi Industri 4.0 dengan menghadirkan Prof Dr Rochmat Wahab, guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Aula Pascasarjana UNP, Jumat (8/12).

Rochmat Wahab usai laporan Direktur Pascasarjana UNP, Prof Yeni Rozimella langsung tampil sebagai narasumber tunggal dalam kuliah umum yang bertema “Persoalan, Tantangan dan Solusi Menghadapi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0,”

Guru besar UNY itu mengatakan globalisasi adalah suatu sunatullah, seperti Nabi Muhammad diutus untuk rahmat seluruh alam. Karena itu globalisasi tidak boleh dihindari melainkan harus dihadapi dengan persiapan penuh. Seiring dengan arus globalisasi, Revolusi Industri 4.0 di-launching di Davos Switzelan, dimana kehadiran era digital itu menghadirkan tantangan dalam pendidikan.

Epi

“Karena itu perlu dicari solusi sistem pendidikan yang tepat di era Revolusi Industri 4.0,” ujar Rochmat, Guru Besar dalam bidang ilmu Pendidikan Anak Berbakat pada Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Dikatakannya, dengan era revolusi industri atau era digital saat ini negara dan bangsa keberadaannya tidaklah terbatas. Namun keberadaan manusia itu bersifat tergantung dan berhubungan.

“Era revolusi industri 4.0 memberikan sebuah tantangan dan peluang. Apalagi ke depan Bangsa Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Untuk menghadapi hal tersebut, bidang pendidikan sebagai salah satu dasar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mesti berinovasi,” ujarnya Mantan Rektor UNY dua periode ini.

Usai memaparkan materi kuliah umum itu, Rochmat Wahab memberikan kesempatan mahasisw S2 bertanyajawab. Dipenghujung kuliah umum, sebagai nara sumber Mantan Rektor UNY itu menerima cenderamata UNP, yang diserah Direktur Pascasarjana UNP, Prof Yenni Rozimela. (Humas UNP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.