Pemkab Tanah Datar Gelar Monev Kegiatan Pembangunan Triwulan II Tahun Anggaran 2019

561

JURNALSUMBAR| Batusangkar – Rapat Monev (monitoring dan evaluasi ) kegiatan pembangunan kondisi triwulan II Tahun Anggaran 2019, Selasa (20/8) dilaksanakan di aula kantor Bupati Tanah Datar, Pagaruyung.

Bertindak selaku pimpinan rapat Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto mewakili Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi sekaligus menyampaikan, rapat Monev dibutuhkan dalam percepatan pelaksanaan kegiatan pembangunan terutama yang strategis.

Dalam rapat Monev banyak hal menjadi perhatian sejak perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan dengan tujuan agar penggunaan anggaran lebih efisien dan efektiv.

Sehubungan realisasi kemajuan fisik dan keuangan disampaikan seluruh OPD, menurut Edi Susanto secara umum realisasi belanja mempunyai kemajuan bagus. Belanja langsung dan tidak langsung dilaksanakan melalui e-Monev pada kondisi akhir Juli 2019, belanja fisik sudah mencapai 54,37 persen dengan keuangan 40.848 persen atau Rp.598.036.045.142.

Untuk belanja modal fisik di angka 30.32 persen atau 9,5 persen dengan keuangan Rp 21.909.036.601,- khusus dana DAK ( Dana alokasi khusus) realisasi fisik masih 20,79 persen dengan realisasi keuangan 10.46 persen atau Rp.13.438.100.513.-.

Walau pun dinilai cukup baik, sebut Edi, namun pimpinan OPD diminta secepatnya melaporkan seluruh kegiatan di unit masing-masing secara tertib dan tepat waktu, baik itu kegiatan berasal dari DAU ( Dana Alokasi Umum) ataupun DAK.

Seterusnya bagi OPD mengelola kegiatan bersumber dari DAK supaya melalaporkan kegiatannya kepada Bupati untuk dilaporkan pula ke Gubernur dan Kemendagri. Keberhasilan pelaksanaan program mempengaruhi tahapan pencairan DAK dari pusat.

Di penghujung pembicaraan, Edi Susanto menjelaskan dalam aktivitas optimalisasi kualitas pelayanan publik akan dilakukan penilaian. 2019 bakal dilaksanakan kompetisi inovasi pelayanan publik bagi pemerintah nagari. Yang terbaik diberikan reward tahun 2020 dalam bentuk program dan kegiatan strategis nagari.

Selanjutnya, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmi Harun sepakat dengan harapan Bupati. Dan Kondisi mutasi dan rotasi baru-baru ini, tutur Helfy berpengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan dengan terjadi perubahan PA, KPA dan PPTK, yang harus segera ditindaklanjuti instansi terkait, sehingga penyerapan anggaran triwulan II bisa ditingkatkan lagi.

Dalam kesempatan itu, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Audia Safitri menyampaikan, kegiatan Monev triwulan II bertujuan mengetahui hasil kegiatan dicapai masing-masing OPD di lingkungan pemda Tanah Datar. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here